Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ruas Jalan Gelap, Masyarakat Cisel Tuntut PJU

Zenal Mustari

Kamis, 27 Agustus 2015 - 13:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Guna mengantisipasi terjadinya rawan kecelakan dan tindak kriminal di jalanan, masyarakat di wilayah Cianjur selatan menuntut Pemerintah Kabupaten (pemkab) Cianjur, agar di sepanjang jalan maupun di jembatan-jembatan segera dipasang Penerangan Jalan Umum (PJU). Sebab, tak jarang akibat minimnya PJU tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas (lalin) dan tindak kriminalitas.

Ketua RT 2 RW 5, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Saiman mengatakan, di ruas jalan dan jembatan yang minim PJU tak jarang terjadi kecelakaan lalin dan aksi kriminalitas.

“Kalau masyarakat memang sangat menginginkan untuk segera dipasang PJU karena yang ada saat ini dinilai masih kurang. Bila dilakukan penambahan PJU tentunya akan semakin terang lagi nantinya dan membuat aman terutama bagi para pengguna jalan seperti pengendara kendaraan bermotor,” kata Saiman kepada "BC" belum lama ini.

saiman meminta, agar keluhan dari masyarakat tentang minimnya PJU di hampir sepanjang ruas jalan Cianjur selatan segera direspon Pemkab Cianjur. “Banyak dampak yang akan timbul dengan tidak adanya PJU tersebut, misalnya saja rawan terjadinya tindak kriminalitas seperti aksi kejahatan, laka lantas terlebih lagi bisa memicu kenakalan remaja,” katanya.

Dia mengungkapkan, misalnya saja seperti di ruas jalan Sindangbarang, tepatnya disepanjang jembatan Cisadea. Sebenarnya terbilang relatif aman dari ancaman tindak kejahatan, namun upaya pencegahanpun harus tetap dilakukan pihak pemerintah bisa dengan cara memasang atau menambah PJU.

"Sebelumnya juga mengenai PJU ini sudah pernah disuarakan Kepala Desa Saganteun, Hasnudin terutama di kawasan sekitar lingkar alun-alun Sindangbarang. Alhamdulillah berkat usaha beliau sekarang PJU di pertigaan dekat alun-alun Kecamatan Sindangbarang tersebut sudah ada dan menyala hanya saja tinggal rambu-rabu penunjuk arah jalannya saat ini yang masih belum,” ungkap Saiman.

Saiman pun menyayangkan, disepanjang jembatan Cisadea yang kondisinya cukup bagus dan tampak mewah dengan panjang kurang lebih sekitar 150 meter dan lebar 9 meter tersebut hingga kini belum dipasang PJU, bila malam tiba masih tampak gelap. Padahal lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota Kecamatan Sinadangbarang.

"Padahal, hampir setiap malam jembatan Cisadea tersebut selalu dijadikan tempat nongkrong oleh masyarakat sekitar," pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 38 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 43 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…