Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Berlebihan Gunakan Smartphone Sebabkan Tiga Penyakit Ini

Rifqi Dahwan Aziz

Minggu, 21 Agustus 2016 - 14:07 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone
Ilustrasi Pengguna Smartphone
A A A

BERITACIANJUR.COM - Penggunaan smartphone atau ponsel pintar secara berlebihan dapat menyebabkan ketegangan fisik dan ketidaknyamanan. Menatap layar ponsel secara berlebihan juga memengaruhi kebahagiaan, hubungan, dan harga diri. Namun penggunaan ponsel secara berlebihan masih jarang dikaitkan dengan bahaya pada fisik kita.

Dilansir dari laman Liputan6, ada suatu bukti yang menunjukkan bahwa ponsel dapat membuat perut mual. Bahkan The New York Times baru-baru ini menjulukinya sebagai “penyakit maya”. Ini adalah kondisi di mana smartphone membuat Anda merasa seperti sedang menaiki di rollercoaster.

Selain itu, ada juga “motion sickness digital”, yang biasanya berkisar dari sakit kepala hingga membuat pusing. Hal ini dapat terjadi jika Anda terlalu cepat menggulirkan (scrolling) halaman atau menonton video action di layar smartphone Anda.

“Rasa pusing dan sakit kepala tersebut akibat sensasi dan ketidaksesuaian antara input sensorik, yaitu ketika Anda melihat gerakan yang aktif namun secara fisik Anda tidak merasakannya,” ujar direktur medis dari Massachusetts Eye and Ear Balance and Vestibular Center dan a professor THT di Harvard Medical School, Steven Rauch.

Walaupun penyakit ini dapat terjadi pada siapa pun, namun penelitian mengungkapkan bahwa lebih banyak wanita daripada pria yang mengalaminya. Selain itu, orang yang memiliki riwayat migrain juga lebih rentan.

Selain dua penyakit tersebut, ada juga petextrian-itus yang banyak menyebabkan pejalan kaki--yang menyeberang sambil menggunakan smartphone--teralihkan fokusnya. Karena saat kita fokus pada dunia maya, banyak dari kita bisa kehilangan realitas nyata.

Para peneliti juga mengatakan bahwa pejalan kaki yang seperti itu, lebih mungkin untuk mengabaikan lampu lalu lintas. Sehingga untuk menghindari cedera atau sesuatu yang lebih buruk, lebih baik letakkan ponsel sampai Anda mencapai tempat yang aman dan gunakan teknologi tersebut dengan bijak.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.