Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Ada Mitos di Waduk Jangari

Apip Samlawi

Selasa, 23 Agustus 2016 - 13:17 WIB

Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat.
Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat.
A A A

BERITACIANJUR.COM - Waduk Jangari yang terletak di Desa Bobojong Kecamatan Mande kini sebagai banyak dimanfaatkan untuk kolam jaring terapung. Bahkan adanya banyak mitos yang mengelilingi para pemancing disana supaya terhindar dari bahaya. 

Ada mitos yang berkembang di waduk jangari, warga yang mau melaksanakan aktifitas di genangan air jangari dan sekitarnya, diantaranya bagi yang senang mancing, menjala  bila ingin mendapat  ikan  banyak dan selamat, sebelunya terlebih dahulu  harus membakar rokok tertentu. Begitupun,  bagi pekerja baru di kolam dilarang mandi nyebur langsung kekolam atau berenang, tapi harus mandi gunakan gayung selama satu pekan supaya tidak mendapat masalah.

Tak urung kejadian yang tewas karena dianggap tidak memenuhi mitos yang sudah kadung diyakini tersebut. Misalnya dua bulan yang lalu di kawasan waduk Calingcing, Babakan Garut Kecamatan Ciranjang ada dua orang pemancing yang meninggal dunia akibat hanyut tenggelam. Hal itu pun diduga telah melanggar tata cara  sebelum melaksanakan aktifitas di genangan air waduk Cirata. 

“Benar dan tidaknya atau percaya dan tidaknya, itu terserah pada keyakinannya masing-masing,” ucap Jejen (45) warga Jangari. 

Sementara itu, Ustadz Nanang  Mutarudin (52) warga Kampung Pasar RT 03/04 Desa Cidangbayabang yang rumahnya diperbatasan dengan Kampung Jangari   menjelaskan, memang benar pihaknya pernah mendengar mitos-mitos yang sering dilakukan para pekerja di kolam jaring terapung maupun para pemancing suka melakukan ritual, membakar kemenyan maupun membakar rokok merek tertentu.

“Tujuan supaya diselamatkan dari bahaya yang mengakibatkan kematian  dan mendapat  keuntungan  besar atau pendapatan ikan saat melaksanakan aktifitas mancing maupun ternak ikan di kolan jaring terapung,” imbuhnya.  

Dia menambahkan, kalau memang semua itu benar adanya maka pihaknya menyayangkan dengan adanya mitos tersebut. Lantaran hal tersebut merupakan perbuatan sirik, sedangkan kematian, keselamatan, keungtungan, kerugian, itu  hanya sebuat takdir dari ilahi.
 

“Dengan itu, diharapakan kematian, kesalamatan  dan keuntungan jangan dikaitkan dengan mitos, lebih baik kita serahkan dan kembalikan semuanya karena takdir dari  Allah SWT,” tutupnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…