Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Berapa Lama Manusia Bertahan Hidup Tanpa Makanan?

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 24 Agustus 2016 - 17:16 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Apakah kita membutuhkan makanan untuk bertahan hidup? Perlu berapa jenis makanan yang kita butuhkan untuk bertahan hidup? Dilansir dari laman Liputan6.com, Rabu (24/8/2016), baru-baru ini tim di Brit Lab mencoba untuk menjawab pertanyaan ini.

Tidak seperti tanaman, manusia tidak bisa mengubah sinar matahari menjadi energi, dan mereka tetap bertahan hidup tanpa makan apa-apa kecuali udara dan air.

Menurut Brit Lab, Greg Foot, rata-rata pria dengan berat badan 70kg membakar sekitar 1.690 kilo kalori per hari, dan itu bahkan jika ia tidak melakukan apapun selain duduk di sofa. Untuk memenuhi kecukupan gizi, tak selalu didapat dari makanan padat, seperti misalnya orang dengan kondisi langka, seperti akalasia, yang sulit menelan dan mengunyah makanan, dapat bertahan hidup sepenuhnya dari makanan cair.

Tentu saja, ini karena makanan dan gizi tidak persis sama. Bagi satu orang dapat benar-benar tercukupi sementara bagi satu orang lainnya masih kekurangan gizi, dan sebaliknya. Bahkan, banyak orang gemuk sering ditemukan memiliki vitamin ekstrim dan defisit mineral meskipun ukuran tubuh mereka yang besar dan kurangnya rasa lapar.

Selain itu, manusia benar-benar dapat bertahan dalam waktu yang panjang tanpa jenis makanan, cairan atau sebaliknya, selama mereka masih memiliki air yang cukup. Tergantung pada kesehatan dan ukuran tubuh, diperkirakan bahwa orang sehat dapat bertahan antara 30 dan 40 hari tanpa makanan.

Dalam satu kasus yang ekstrem, seorang pria dengan bobot 200kg melakukan tindakan mencengangkan dimana selama 382 hari tanpa mengkonsumsi makanan padat maupun cair. ABC Science melaporkan, selama lebih dari satu tahun ia kelaparan, bobot pria ini menjadi 82kg dan mampu menjaga berat badan selama 5 tahun. Meskipun ia tidak mengasup makanan, ia terus dipantau oleh dokter yang selalu memberinya multivitamin dan kalium dan suplemen natrium.

Tubuh manusia memang unik, karena ia mampu melakukan hal-hal menakjubkan dan menarik. Namun, itu tidak menyenangkan, jadi Anda tidak perlu kelaparan sendiri dan meninggalkan percobaan nutrisi ini untuk para ahli.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.