Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:36

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Berapa Lama Manusia Bertahan Hidup Tanpa Makanan?

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Rabu 24 Agustus 2016 | 17:16 WIB

Berapa Lama Manusia Bertahan Hidup Tanpa Makanan?

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Apakah kita membutuhkan makanan untuk bertahan hidup? Perlu berapa jenis makanan yang kita butuhkan untuk bertahan hidup? Dilansir dari laman Liputan6.com, Rabu (24/8/2016), baru-baru ini tim di Brit Lab mencoba untuk menjawab pertanyaan ini.

 

Tidak seperti tanaman, manusia tidak bisa mengubah sinar matahari menjadi energi, dan mereka tetap bertahan hidup tanpa makan apa-apa kecuali udara dan air.

 

Menurut Brit Lab, Greg Foot, rata-rata pria dengan berat badan 70kg membakar sekitar 1.690 kilo kalori per hari, dan itu bahkan jika ia tidak melakukan apapun selain duduk di sofa. Untuk memenuhi kecukupan gizi, tak selalu didapat dari makanan padat, seperti misalnya orang dengan kondisi langka, seperti akalasia, yang sulit menelan dan mengunyah makanan, dapat bertahan hidup sepenuhnya dari makanan cair.

 

Tentu saja, ini karena makanan dan gizi tidak persis sama. Bagi satu orang dapat benar-benar tercukupi sementara bagi satu orang lainnya masih kekurangan gizi, dan sebaliknya. Bahkan, banyak orang gemuk sering ditemukan memiliki vitamin ekstrim dan defisit mineral meskipun ukuran tubuh mereka yang besar dan kurangnya rasa lapar.

 

Selain itu, manusia benar-benar dapat bertahan dalam waktu yang panjang tanpa jenis makanan, cairan atau sebaliknya, selama mereka masih memiliki air yang cukup. Tergantung pada kesehatan dan ukuran tubuh, diperkirakan bahwa orang sehat dapat bertahan antara 30 dan 40 hari tanpa makanan.

 

Dalam satu kasus yang ekstrem, seorang pria dengan bobot 200kg melakukan tindakan mencengangkan dimana selama 382 hari tanpa mengkonsumsi makanan padat maupun cair. ABC Science melaporkan, selama lebih dari satu tahun ia kelaparan, bobot pria ini menjadi 82kg dan mampu menjaga berat badan selama 5 tahun. Meskipun ia tidak mengasup makanan, ia terus dipantau oleh dokter yang selalu memberinya multivitamin dan kalium dan suplemen natrium.

 

Tubuh manusia memang unik, karena ia mampu melakukan hal-hal menakjubkan dan menarik. Namun, itu tidak menyenangkan, jadi Anda tidak perlu kelaparan sendiri dan meninggalkan percobaan nutrisi ini untuk para ahli.

Komentar