Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Penggerebekan Bandung, Polisi Kejar Bandar Narkoba Malaysia

Fl/net

Kamis, 27 Agustus 2015 - 16:39 WIB

internet
internet
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA.-- Polri bekerjasama dengan Polisi Diraja Malaysia memburu seorang warga negeri Jiran yang diduga terkait dengan kasus narkotik dan kejahatan siber (cyber crime) di Kabupaten Bandung Barat.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Brigadir Jenderal Anjan Pramuka, Kamis (27/8), menjelaskan, kasus ini berawal dari ditangkapnya seseorang bernama Herry Gandhy yang menerima sabu sebesar 2,5 kilogram di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, 22 Agustus lalu.
 

Gandhy menerima barang haram tersebut dari seorang warga Malaysia yang kini telah melarikan diri. "Awalnya yang kita sasar itu warga negara asingnya, ternyata sudah diserahkan ke Gandhy," kata Anjan di Markas Besar Polri, Jakarta. Anjan tidak mau menyebut identitas warga Malaysia yang dia maksud lantaran pihaknya masih melakukan penyelidikan.

Setelah ditelusuri, ternyata Gandhy berdomisili di Bandung, bekerja sebagai karyawan di rumah yang digerebek oleh kepolisian kemarin. Sesuai dugaan, dua paket sabu ditemukan di rumah tersebut.
 

Dalam penggerebekan, 30 warga Taiwan ditangkap karena diduga melakukan kejahatan siber (cyber crime). Mereka diduga melakukan penipuan perbankan menggunakan alat elektronik untuk menjerat korban yang ada di luar negeri. Lebih jauh, kepolisian hingga kini masih mendalami modus yang digunakan para warga asing tersebut.
 

Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan ada setidaknya tiga dugaan kejahatan yang ditemukan dalam penggerebekan tersebut, yakni narkotik, cyber crime dan pelanggaran imigrasi.
 

"Ini kan kemungkinan ada saling berkaitan, ini yang sedang kami dalami," kata Budi.
 

Lebih lanjut, Budi menuturkan, seluruh pengungkapan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Bea Cukai, Imigrasi dan analis IT.

Sebelumnya, bersamaan dengan Gandhy, kepolisian juga menangkap seorang WN Taiwan bernama Chen Hsin Chieh. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengaku disuruh oleh Lim Chandra Sutioso menjadi kurir.
 

Berdasarkan pengakuan tersebut, akhir pekan lalu, Bareskrim berhasil menangkap Lim di Kompleks Ruko Grand Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
 

Dari penangkapan tersebut, petugas menyita barang bukti berupa 192 paspor WN asal Taiwan, Vietnam dan Mongolia. Lim mengaku sebanyak 26 paspor yang disita merupakan milik WN Taiwan yang menghuni rumah mewah di salah satu rumah mewah di komplek Setra Duta, Bandung. (fl/net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.