Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Penggerebekan Bandung, Polisi Kejar Bandar Narkoba Malaysia

Fl/net

Kamis, 27 Agustus 2015 - 16:39 WIB

internet
internet
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA.-- Polri bekerjasama dengan Polisi Diraja Malaysia memburu seorang warga negeri Jiran yang diduga terkait dengan kasus narkotik dan kejahatan siber (cyber crime) di Kabupaten Bandung Barat.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Brigadir Jenderal Anjan Pramuka, Kamis (27/8), menjelaskan, kasus ini berawal dari ditangkapnya seseorang bernama Herry Gandhy yang menerima sabu sebesar 2,5 kilogram di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, 22 Agustus lalu.
 

Gandhy menerima barang haram tersebut dari seorang warga Malaysia yang kini telah melarikan diri. "Awalnya yang kita sasar itu warga negara asingnya, ternyata sudah diserahkan ke Gandhy," kata Anjan di Markas Besar Polri, Jakarta. Anjan tidak mau menyebut identitas warga Malaysia yang dia maksud lantaran pihaknya masih melakukan penyelidikan.

Setelah ditelusuri, ternyata Gandhy berdomisili di Bandung, bekerja sebagai karyawan di rumah yang digerebek oleh kepolisian kemarin. Sesuai dugaan, dua paket sabu ditemukan di rumah tersebut.
 

Dalam penggerebekan, 30 warga Taiwan ditangkap karena diduga melakukan kejahatan siber (cyber crime). Mereka diduga melakukan penipuan perbankan menggunakan alat elektronik untuk menjerat korban yang ada di luar negeri. Lebih jauh, kepolisian hingga kini masih mendalami modus yang digunakan para warga asing tersebut.
 

Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan ada setidaknya tiga dugaan kejahatan yang ditemukan dalam penggerebekan tersebut, yakni narkotik, cyber crime dan pelanggaran imigrasi.
 

"Ini kan kemungkinan ada saling berkaitan, ini yang sedang kami dalami," kata Budi.
 

Lebih lanjut, Budi menuturkan, seluruh pengungkapan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Bea Cukai, Imigrasi dan analis IT.

Sebelumnya, bersamaan dengan Gandhy, kepolisian juga menangkap seorang WN Taiwan bernama Chen Hsin Chieh. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengaku disuruh oleh Lim Chandra Sutioso menjadi kurir.
 

Berdasarkan pengakuan tersebut, akhir pekan lalu, Bareskrim berhasil menangkap Lim di Kompleks Ruko Grand Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
 

Dari penangkapan tersebut, petugas menyita barang bukti berupa 192 paspor WN asal Taiwan, Vietnam dan Mongolia. Lim mengaku sebanyak 26 paspor yang disita merupakan milik WN Taiwan yang menghuni rumah mewah di salah satu rumah mewah di komplek Setra Duta, Bandung. (fl/net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…