Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:47

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Cibodas dan Pantai Cidaun Masih Jadi Potensi Unggulan Pariwisata Cianjur

Oleh: Cr1 - Kamis 08 September 2016 | 08:00 WIB

Cibodas dan Pantai Cidaun Masih Jadi Potensi Unggulan Pariwisata Cianjur

Kebun Raya Cibodas/Net

BERITACIANJUR.COM - Objek wisata alam di wilayah Cianjur Utara dan Selatan, ternyata masih menjadi potensi unggulan pariwisata yang menarik banyak minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung.

 

Keindahan alam dan sejuknya udara Cibodas di kaki Gunung Gede, serta indahnya pemandangan laut biru di Cidaun. Menjadi alasan wisatawan, sangat ingin berkunjung ke Kabupaten Cianjur.

 

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Adang Sumaryadi mengakui, jika kawasan wisata Cibodas masih menjadi andalan dan paling banyak dikunjungi wisatawan sehingga menjadi penyumbang terbesar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Namun siapa sangka, para wisatawan khususnya mancanegara juga memiliki ketertarikan untuk berkunjung ke pantai Cidaun. Bahkan, sebagian wisatawan mengaku ingin berinvestasi mengembangkan potensi wisata laut yang terdapat di Cianjur Selatan.

 

"Ketertarikan mereka (wisatawan) terungkap, saat kami mengikuti Jakarta Expo GPKD 2016 yang menggelar produk khas dan unggulan daerah 1-4 September lalu," ujarnya kepada "BC", Rabu (7/9/2016).

 

Bahkan dalam gelaran expo tersebut, Kabupaten Cianjur berhasil meraih predikat juara 3 stand terbaik yang mendapat penilaian dari sisi penataan, promosi objek wisata dan produk unggulan seperti makanan khas Cianjur.

 

Uniknya, sambung Adang, wisatawan yang selama ini hanya tahu potensi wisata di Cianjur Utara. Setelah diperlihatkan video promosi wisata, mereka juga sangat ingin berkunjung ke pantai Cidaun.

 

"Awalnya mereka pernah sampai wilayah Sukanagara saja, namun setelah kita jelaskan jika akses jalan yang sudah bagus. Mereka menjadi tertarik untuk berkunjung," katanya.

 

Menurutnya, begitu banyaknya event pameran pariwisata yang digelar secara tidak langsung sangat berdampak positif terhadap promosi objek wisata yang terdapat di daerah termasuk Cianjur.

 

Karena selain mempromosikan objek wisata, produk unggulan seperti makanan khas juga bisa diperlihatkan kepada para pengunjung expo dan pameran pariwisata. "Buktinya, banyak juga pengunjung yang membeli makanan khas kita. Bahkan sampai meraup jutaan rupiah," katanya.

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selama ini upaya promosi yang sudah dilakukan Disbudpar tidak hanya dengan cara mengikuti pameran. Namun juga melalui website dan media sosial. Rencananya di tahun 2017, Kabupaten Cianjur akan menjadi salah satu wakil Jawa Barat untuk mengikuti pameran pariwisata yang diselenggarakan Taman Mini Indonesia Indah.

 

"Kami terus berupaya mempromosikan pariwisata Cianjur melalui expo dan pameran yang dilaksanakan berbagai pihak, termasuk salah satunya oleh pihak kementerian di bulan Oktober mendatang," ungkapnya. (bis)

Komentar