Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Cianjur Mulai Terapkan Konsep Wisata Halal

Cr1

Jumat, 09 September 2016 - 08:00 WIB

BC/Istimewa
BC/Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kementerian Pariwisata saat ini mulai fokus untuk menerapkan konsep wisata halal di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki potensi wisata, namun seiring kebijakan tersebut muncul berbagai pertanyaan apa saja indikator dan tujuan akhir yang ingin di capai ketika diterapkan.

Pemerintah Kabupaten Cianjur sendiri ternyata secara perlahan-lahan mulai menerapkan konsep wisata halal, terbukti tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dusbudpar) sudah mengeluarkan himbauan dan pelatihan bagi pengusaha jasa perhotelan.

Terdapat tiga indikator wisata halal yang harus diterapkan setiap hotel, antara lain makanan halal, fasilitas hingga pelayanan. Meski tidak secara penuh menerapkan konsep syariah, setidaknya wisata halal tersebut bisa memberikan jaminan bagi wisatawan mancanegara baik muslim dan non muslim  yang berkunjung ke Kabupaten Cianjur.

"Bupati sudah menghimbau kepada hotel-hotel untuk mulai menerapkan wisata halal," ujar Kepala Bidang Pariwisata, Disbudpar Kabupaten Cianjur, Adang Sumaryadi kepada "BC", Kamis (8/9/2016).

Kawasan Cipanas sebagai salah satu daerah dengan berbagai potensi wisata unggulan, ditambah banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung. Menjadi target pemerintah daerah, agar jasa perhotelan bisa menerapkan konsep tersebut.

Dijelaskan Adang, tiga indikator seperti makanan, fasilitas dan pelayanan bisa menjadi acuan bagi pengusaha jasa perhotelan. Seperti makanan halal, dalam hal penyajian dan penyimpanan bahannya jangan disatukan dengan yang diperuntukkan bagi non muslim, sehingga terjamin kehalalannya.

Terkait fasilitas, nantinya pihak hotel tidak hanya menyediakan sarana ibadah yang representatif. Selain tanda arah kiblat, disetiap kamar juga perlu disediakan sajadah dan Al quran.

Selain makanan dan fasilitas, pelayanan yang baik dengan sopan dan santun juga harus menjadi perhatian pengelola hotel.

"Kami terus berusaha, agar wisata halal ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Meski pengusaha perhotelan menyambut baik, namun masih perlu waktu untuk menyesuaikan," tandas Adang.

Diungkapkannya, tujuan akhir yang ingin dicapai dari penerapan wisata halal agar wisawatan mancanegara muslim dan non muslim yang berkunjung ke Kabupaten Cianjur merasa lebih terjamin.

"Hasil penelitian, ternyata banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke negara lain yang sudah menerapkan konsep wisata halal. Perbandingannya 70 persen muslim dan 30 persen non muslim, " ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Sekjen Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Tata Ruang Megapolitian, Ade Kosasih mengaku mendukung, selama berimplikasi positif terhadap kemampuan mengangkat potensi daerah wisata.

"Namun, harus ada jaminan kemampuan untuk mengangkat citra wisata sehingga tidak mengambang," katanya.

Terlebih, Cipanas sebagai wisatan andalan di Kabupaten Cianjur pernah mengalami masa kejayaan di era tahun 80-90 an, dengan menjadi paket wisata nasional. Namun setelah masa kejayaan tersebut, saat ini Cipanas tidak lagi menjadi tujuan utama.

Dirinya menegaskan, wilayah Cianjur Utara yang marak dengan tempat wisata sejak dulu sangat heterogen dan terbuka bagi siapapun yang ingin datang untuk berkunjung. Artinya harus ada keberimbangan kultur wilayah, karena tidak bisa satu wilayah disamakan dengan wilayah lain.

"Apalagi khusus wilayah Cianjur Utara sudah lebih terbuka, karena banyak didatangi wisatawan domestik dan mancanegara," ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…