Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:49

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Selalu Merasa Lapar? Ini Alasannya

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Jumat 09 September 2016 | 15:00 WIB

Selalu Merasa Lapar? Ini Alasannya

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Anda pasti pernah mengalami saat dimana Anda selalu ingin makan namun tidak pernah merasa kenyang. Selalu ada keinginan untuk mengunyah sesuatu, apapun jenis makanannya. Namun, sebelum anda menambah berat badan dengan pilihan makanan yang tak ada habisnya, ketahui kenapa Anda selalu merasa lapar. Seperti dilansir dari Liputan6 pada hari Jumat (9/9/2016), simak lima alasan berikut ini.

 

1. Memakan banyak karbohidrat
Shona Wilkinson, seorang ahli nutrisi mengatakan, bahwa memakan karbohidrat sebagai makan malam dapat membuat Anda lebih cepat lapar keesokan harinya. Ketika kita mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu, ini akan terserap cepat ke dalam tubuh menjadi gula.

 

Ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi, insulin bekerja lebih berat, sehingga memicu rasa lapar yang lebih tinggi lagi. Anda bahkan bisa bangun tengah malam dan merasa kelaparan.

 

Untuk menghindari hal ini, kurangi konsumsi karbohidrat murni secara berlebihan, dan pilih menu makanan dengan kadar karbohidrat cukup yang dikombinasikan dengan protein baik seperti ikan, ayam dan juga porsi sayuran yang banyak.

 

Dengan begitu, karbohidrat dapat dicerna lebih pelan dan diserap perlahan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

 

2. Anda butuh istirahat
Dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari, waktu tidur pasti menjadi salah satu hal yang dikorbankan. Tanpa disadari, waktu tidur yang sedikit membuat Anda lebih cepat lelah, dan cepat lapar.

 

Sebuah penelitian menemukan, waktu tidur yang sedikit mengurangi produksi hormon leptin, yang dapat mencegah rasa lapar. Selain itu, kebiasaan ini juga meningkatkan hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar. Maka tak heran, kekurangan tidur dapat membuat rasa lapar yang tinggi.

 

Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, ahli nutrisi menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Benda ini dapat membantu Anda melemaskan otot dan syaraf Anda sehingga bisa istirahat lebih cepat.

 

3. Kurang air putih
Terkadang, rasa haus sering disalah artikan sebagai rasa lapar. Banyak dari kita, terlalu cepat merespon rasa haus dengan segera mencari makanan atau cemilan, padahal yang kita butuhkan hanya asupan air yang cukup.

 

Shona menjelaskan, air dibutuhkan oleh sel tubuh untuk mengolah nutrisi makanan yang kita makan, dan bila kita kekurangan nutrisi, tubuh akan memberi sinyal untuk mencari lebih banyak makanan. Ini adalah alasan lainnya mengapa Anda harus meminum air tiap saat, bukan hanya ketika Anda merasa lapar atau haus.

 

Meminum air saat menyantap makanan juga dapat membuat tubuh cepat kenyang. Cara ini membantu menjaga kadar lapar pada tubuh. Tapi yang perlu diperhatikan, hindari meminum air terlalu banyak di saat sebelum, sedang, atau sesudah makan, hal ini berbahaya bagi sistem pencernaan Anda.

 

4. Menjelang menstruasi
Ini merupakan hal wajar yang sudah banyak diketahui orang. Namun, walau kita sedang di dalam hormon yang tidak stabil, ada baiknya tetap makan pada kadar yang cukup, dan diimbangi dengan mengonsumsi suplemen yang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah.

 

Agar kadar gula darah tetap normal, disarankan untuk lebih banyak memakan menu kaya protein, sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak. Selain itu, kadar kafein dan alkohol yang tinggi dapat memengaruhi hormon juga, sehingga sebaiknya hindari dua hal tersebut.

 

5. Anda makan untuk dua orang
Sangat masuk akal ketika wanita memiliki nafsu makan yang besar di kala hamil. Namun ahli mengatakan, itu bukan berarti Anda dapat memakan makanan cepat saji dua kali lebih banyak.

 

Lebih baik, pilih makanan yang sehat dan kaya akan vitamin serta serat. Hindari makanan olahan yang mengandung banyak gula tersembunyi. Buat pasokan cukup bahan makanan sehat di kulkas Anda, sehingga saat Anda merasa lapar, Anda tidak memiliki alasan untuk membeli makanan cepat saji.

Komentar