Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Selalu Merasa Lapar? Ini Alasannya

Rifqi Dahwan Aziz

Jumat, 09 September 2016 - 15:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Anda pasti pernah mengalami saat dimana Anda selalu ingin makan namun tidak pernah merasa kenyang. Selalu ada keinginan untuk mengunyah sesuatu, apapun jenis makanannya. Namun, sebelum anda menambah berat badan dengan pilihan makanan yang tak ada habisnya, ketahui kenapa Anda selalu merasa lapar. Seperti dilansir dari Liputan6 pada hari Jumat (9/9/2016), simak lima alasan berikut ini.

1. Memakan banyak karbohidrat
Shona Wilkinson, seorang ahli nutrisi mengatakan, bahwa memakan karbohidrat sebagai makan malam dapat membuat Anda lebih cepat lapar keesokan harinya. Ketika kita mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu, ini akan terserap cepat ke dalam tubuh menjadi gula.

Ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi, insulin bekerja lebih berat, sehingga memicu rasa lapar yang lebih tinggi lagi. Anda bahkan bisa bangun tengah malam dan merasa kelaparan.

Untuk menghindari hal ini, kurangi konsumsi karbohidrat murni secara berlebihan, dan pilih menu makanan dengan kadar karbohidrat cukup yang dikombinasikan dengan protein baik seperti ikan, ayam dan juga porsi sayuran yang banyak.

Dengan begitu, karbohidrat dapat dicerna lebih pelan dan diserap perlahan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Anda butuh istirahat
Dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari, waktu tidur pasti menjadi salah satu hal yang dikorbankan. Tanpa disadari, waktu tidur yang sedikit membuat Anda lebih cepat lelah, dan cepat lapar.

Sebuah penelitian menemukan, waktu tidur yang sedikit mengurangi produksi hormon leptin, yang dapat mencegah rasa lapar. Selain itu, kebiasaan ini juga meningkatkan hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar. Maka tak heran, kekurangan tidur dapat membuat rasa lapar yang tinggi.

Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, ahli nutrisi menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Benda ini dapat membantu Anda melemaskan otot dan syaraf Anda sehingga bisa istirahat lebih cepat.

3. Kurang air putih
Terkadang, rasa haus sering disalah artikan sebagai rasa lapar. Banyak dari kita, terlalu cepat merespon rasa haus dengan segera mencari makanan atau cemilan, padahal yang kita butuhkan hanya asupan air yang cukup.

Shona menjelaskan, air dibutuhkan oleh sel tubuh untuk mengolah nutrisi makanan yang kita makan, dan bila kita kekurangan nutrisi, tubuh akan memberi sinyal untuk mencari lebih banyak makanan. Ini adalah alasan lainnya mengapa Anda harus meminum air tiap saat, bukan hanya ketika Anda merasa lapar atau haus.

Meminum air saat menyantap makanan juga dapat membuat tubuh cepat kenyang. Cara ini membantu menjaga kadar lapar pada tubuh. Tapi yang perlu diperhatikan, hindari meminum air terlalu banyak di saat sebelum, sedang, atau sesudah makan, hal ini berbahaya bagi sistem pencernaan Anda.

4. Menjelang menstruasi
Ini merupakan hal wajar yang sudah banyak diketahui orang. Namun, walau kita sedang di dalam hormon yang tidak stabil, ada baiknya tetap makan pada kadar yang cukup, dan diimbangi dengan mengonsumsi suplemen yang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah.

Agar kadar gula darah tetap normal, disarankan untuk lebih banyak memakan menu kaya protein, sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak. Selain itu, kadar kafein dan alkohol yang tinggi dapat memengaruhi hormon juga, sehingga sebaiknya hindari dua hal tersebut.

5. Anda makan untuk dua orang
Sangat masuk akal ketika wanita memiliki nafsu makan yang besar di kala hamil. Namun ahli mengatakan, itu bukan berarti Anda dapat memakan makanan cepat saji dua kali lebih banyak.

Lebih baik, pilih makanan yang sehat dan kaya akan vitamin serta serat. Hindari makanan olahan yang mengandung banyak gula tersembunyi. Buat pasokan cukup bahan makanan sehat di kulkas Anda, sehingga saat Anda merasa lapar, Anda tidak memiliki alasan untuk membeli makanan cepat saji.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.