Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

6 Minuman untuk Hangatkan Badan Saat Hujan

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 14 September 2016 - 16:50 WIB

Hujan sore seperti sekarang ini sangat enak jika ditemani minuman-minuman hangat yang bermanfaat. (Foto : Net/Ilustrasi)
Hujan sore seperti sekarang ini sangat enak jika ditemani minuman-minuman hangat yang bermanfaat. (Foto : Net/Ilustrasi)
A A A

BERITACIANJUR.COMMemasuki akhir September, beberapa kota di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Anda mungkin juga merasakan perubahan suhunya saat langit kerap menjadi mendung dan terik matahari seakan bersembunyi dalam peraduan. 

Saat dingin mulai menyusup, mencoba beragam minuman hangat dapat menjadi pilihan yang tepat. Dikutip dari laman Liputan6, Rabu (14/9/2016), berikut ini 6 minuman yang bisa menghangatkan tubuh saat hujan.

1.    Coklat atau susu panas

Minuman ini gampang dibuat. Tinggal menuang air mendidih ke dalam gelas yang telah berisi coklat atau susu. Atau bisa juga campuran keduanya.  JIka menginginkan lebih manis bisa ditambah gula putih atau gula merah.

Beberapa penelitian menunjukkan cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao. Sampai tahun 1800-an, cokelat panas juga digunakan oleh dokter sebagai obat beberapa penyakit.

2.    Bandrek

Sebenarnya minuman ini adalah minuman tradisional khas Sunda, Jawa Barat yang  digunakan untuk menghangatkan tubuh. Biasanya Bandrek dihidangkan saat cuaca dingin seperti hujan pagi ini. 

Minuman ini berasal dari campuran jahe dan gula merah namun ada beberapa varian bandrek yang menambahkan rempah-rempah tertentu untuk menambahkan efek panas seperti seperti serai, merica, daun pandan. Minuman ini selain enak juga dipercaya untuk menambah stamina tubuh. 

Di era modern saat ini ada bandrek instant yang dijual per sachet. Sehingga lebih mudah disajikan.

3.    Bajigur

Masih berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya sama seperti bandrek yakni jahe dan gula merah. Bedanya dengan Bandrek, Bajigur memakai santan. Untuk menambah aroma dan rasa, biasanya bajigur biasa dicampur dengan jahe, garam dan bubuk vanili. 

Minuman yang disajikan panas ini biasanya ditemani dengan kacang rebus, ubi rebus atau pisang rebus. 

4.    Wedang uwuh

Minuman ini awalnya hanya populer di Jawa tengah. Minuman ini dibuat dari daun-daun rempah yakni gula merah, jahe dan kayu secang yang menyebabkan minuman ini berwarna kemerah-merahan.  Kadang-kadang juga ditambahkan kayu  manis.

Minuman ini sangat enak disajikan panas untuk menghangatkan badan. Sekarang wedang uwuh bisa ditemukan di supermarket. Cara menyajikannya sama seperti menyajikan the celup. 

5.    Teh telur

Biasa juga disebut teh talua. Minuman ini sangat populer di wilayah Sumatera Barat sebagai minuman penambah stamina bagi lelaki.

Teh Talua gampang ditemukan si restoran-restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung.  

Cara membuatnya telur ayam kampong dikocok  dengan gula pasir, setelah mengembang lalu disiram dengan air teh yang telah diseduh dengan air panas.

6.    Kopi kawa

Kopi ini sangat unik, dibuat bukan dari biji kopi. Namun minuman ini dibuat dari daun kopi yang telah dikeringkan, di sangrai lalu dibuat minuman, seperti membuat teh.

Kopi ini sangat populer di Sumatera Barat di daerah Tanah Datar, Bukit Tinggi. Cara penyajian kopi ini cukup unik yaitu dengan menggunakan batok kelapa yang dialasi bambu.     

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 19 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 19 jam yang lalu

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.