Rabu, 18 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

6 Minuman untuk Hangatkan Badan Saat Hujan

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 14 September 2016 - 16:50 WIB

Hujan sore seperti sekarang ini sangat enak jika ditemani minuman-minuman hangat yang bermanfaat. (Foto : Net/Ilustrasi)
Hujan sore seperti sekarang ini sangat enak jika ditemani minuman-minuman hangat yang bermanfaat. (Foto : Net/Ilustrasi)
A A A

BERITACIANJUR.COMMemasuki akhir September, beberapa kota di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Anda mungkin juga merasakan perubahan suhunya saat langit kerap menjadi mendung dan terik matahari seakan bersembunyi dalam peraduan. 

Saat dingin mulai menyusup, mencoba beragam minuman hangat dapat menjadi pilihan yang tepat. Dikutip dari laman Liputan6, Rabu (14/9/2016), berikut ini 6 minuman yang bisa menghangatkan tubuh saat hujan.

1.    Coklat atau susu panas

Minuman ini gampang dibuat. Tinggal menuang air mendidih ke dalam gelas yang telah berisi coklat atau susu. Atau bisa juga campuran keduanya.  JIka menginginkan lebih manis bisa ditambah gula putih atau gula merah.

Beberapa penelitian menunjukkan cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao. Sampai tahun 1800-an, cokelat panas juga digunakan oleh dokter sebagai obat beberapa penyakit.

2.    Bandrek

Sebenarnya minuman ini adalah minuman tradisional khas Sunda, Jawa Barat yang  digunakan untuk menghangatkan tubuh. Biasanya Bandrek dihidangkan saat cuaca dingin seperti hujan pagi ini. 

Minuman ini berasal dari campuran jahe dan gula merah namun ada beberapa varian bandrek yang menambahkan rempah-rempah tertentu untuk menambahkan efek panas seperti seperti serai, merica, daun pandan. Minuman ini selain enak juga dipercaya untuk menambah stamina tubuh. 

Di era modern saat ini ada bandrek instant yang dijual per sachet. Sehingga lebih mudah disajikan.

3.    Bajigur

Masih berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya sama seperti bandrek yakni jahe dan gula merah. Bedanya dengan Bandrek, Bajigur memakai santan. Untuk menambah aroma dan rasa, biasanya bajigur biasa dicampur dengan jahe, garam dan bubuk vanili. 

Minuman yang disajikan panas ini biasanya ditemani dengan kacang rebus, ubi rebus atau pisang rebus. 

4.    Wedang uwuh

Minuman ini awalnya hanya populer di Jawa tengah. Minuman ini dibuat dari daun-daun rempah yakni gula merah, jahe dan kayu secang yang menyebabkan minuman ini berwarna kemerah-merahan.  Kadang-kadang juga ditambahkan kayu  manis.

Minuman ini sangat enak disajikan panas untuk menghangatkan badan. Sekarang wedang uwuh bisa ditemukan di supermarket. Cara menyajikannya sama seperti menyajikan the celup. 

5.    Teh telur

Biasa juga disebut teh talua. Minuman ini sangat populer di wilayah Sumatera Barat sebagai minuman penambah stamina bagi lelaki.

Teh Talua gampang ditemukan si restoran-restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung.  

Cara membuatnya telur ayam kampong dikocok  dengan gula pasir, setelah mengembang lalu disiram dengan air teh yang telah diseduh dengan air panas.

6.    Kopi kawa

Kopi ini sangat unik, dibuat bukan dari biji kopi. Namun minuman ini dibuat dari daun kopi yang telah dikeringkan, di sangrai lalu dibuat minuman, seperti membuat teh.

Kopi ini sangat populer di Sumatera Barat di daerah Tanah Datar, Bukit Tinggi. Cara penyajian kopi ini cukup unik yaitu dengan menggunakan batok kelapa yang dialasi bambu.     

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Camat : Kalau Tutup Bakal Banyak "Korban"

PEMERINTAH Kecamatan Ciranjang bersama Desa Cibiuk, Selasa (17/7) menggelar musyawarah, mengupayakan pembatalan penutupan perusahaan PT Three Six World oleh pihak pemilik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Kasus Galian C Pasir Lemu Ditangani Polres

KASUS tewasnya operator alat berat di lokasi galian C Kampung Pasir Lemu, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur ditangani aparat Polres Cianjur.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa

TIM Peduli Advokasi Kemanusiaan beserta sejumlah elemen masyarakat mendatangi Kantor PT PLN (Persero) Area Cianjur, Selasa (17/7/2017).

Aktualita 17/07/2018 07:00 WIB

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 17/07/2018 06:55 WIB

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 16/07/2018 22:10 WIB

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:09 WIB

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:08 WIB

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.