Senin, 16 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Kirab Api PON XIX dan Peparnas XV 2016, Dilepas Bupati Cianjur

Rudi Rusmana, Rls

Kamis, 15 September 2016 - 20:30 WIB

Foto: BC/Istimewa
Foto: BC/Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kirab api PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat (Jabar), dilepas Bupati Cianjur, H Irvan Rivano Muchtar dari Kabupaten Cianjur menuju Kabupaten Bandung Barat (KBB) di halaman Pendopo, Kamis (15/9/2016).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Muspida, anggota TNI, POLRI, Ketua KONI Cianjur, para Kepala OPD, sejumlah pegiat olah raga, ratusan pelajar, serta masyarakat.

Api PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar inipun dibawa kedua atlet legendaris asal Cianjur, yakni Puspa Delima dan Kikin Rusudin.

Irvan menyampaikan, mulai diadakannya PON pada 1948, tujuannya tidak lain untuk menjadikan olah raga sebagai alat perjuangan bangsa, sekaligus untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini, sambungnya, yang ingin terus dijaga dengan diselenggarakannya PON. Jaman akan terus berubah, lanjut dirinya, namun semangat untuk menjadikan olah raga sebagai alat perjuangan bangsa masih sangat relevan, melalui olah raga bendera merah putih dan lagu kebangsaan berkumandang di luar negeri.

"Provinsi Jawa Barat, terpilih menjadi tuan rumah dan sekaligus pelaksana sebuah perhelatan ragam olah raga setingkat PON XIX/2016 dan Paparnas yang ke XI/2016. Pekan olah raga nasional (PON) adalah pesta ragam olah raga empat tahunan yang mempertemukan insan-insan olah raga untuk bertanding dan berlomba dengan “ fair play” dalam rangka mewujudkan dan menunjukan raihan prestasi tertinggi olah raga di Indonesia," sampainya.

Jabar, kata Irvan, selaku tuan rumah telah siap melaksanakan seluruh agenda PON XIX dan Peparnas XV/2016 dengan tujuan untuk meraih catur sukses PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar.

"Yakni, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses perekonomian rakyat, dan sukses administrasi," ujarnya.

Penyelenggaraan PON ini adalah terbesar di Jabar, tahun 2016, yang terdiri dari 44 cabang olah raga (Cabor), 10 cabang olah raga eksebisi, dengan total pertandingan 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran, dan 50 pertandingan terbuka di 61 venue yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Jabar.

Sekitar 8.403 atlet di luar atlet tuan rumah memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, 962 medali perunggu, dan diawasi sekitar 2.195 pp/wasit/juri. (rus)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 7 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…