Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:40

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Situs Gunung Kasur, Legenda yang Belum Terkuak

Oleh: Mustofa Bisri - Minggu 18 September 2016 | 08:00 WIB

Situs Gunung Kasur, Legenda yang Belum Terkuak

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Bagi masyarakat Cipanas nama Gunung Kasur sudah tidak asing lagi. Namun demikian belum tentu banyak yang tahu ada apa dibalik Gunung Kasur itu. Gunung Kasur yang berada diwilayah perbatasan antara Desa Gadog dan Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur itu merupakan salah satu situs purbakala yang tercatat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur.

 

Namun keberadaan situs di Gunung Kasur tersebut belum terkelola dengan baik. Sehingga belum bisa menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Kalau ada kebanyakan mereka yang berasal dari sekitar Cipanas dan yang ingin berziarah.

 

Keberadaan situs Gunung Kasur yang berada diatas puncak Gunung Kasur itu selain memiliki pemandangan yang indah, Gunung Kasur juga dipercaya sebagai salah satu situs prasejarah. Dari ketinggian 1.080 mdpl, kita bisa menikmati hamparan gunung yang indah sambil menghirup udara segar yang dikeliling dengan pepohonan.

 

Dengan luas sekitar 12.5 hektar, pesona keindahan Gunung Kasur memang menawan. Mirip seperti berada di Puncak Tebing Keraton Bandung. Dari puncak Gunung Kasur kita bisa menikmati pemandangan kota Cipanas baik siang ataupun malam.

 

Berdasarkan sumber yang bisa dipercaya, asal usul nama “Gunung Kasur” karena dulunya di puncak Gunung Kasur memiliki lempengan batu yang mirip seperti hamparan kasur yang sedianya dilengkapi dengan batu berbentuk bantal dan guling. Rasa penasaran bis bertambah karena di salah satu batu yang berada di Gunung Kasur ini terdapat sebuah telapak kaki yang dipercaya sebagai bekas telapak kaki salah seorang Patih Pertama Cianjur.

 

Gunung Kasur pun memiliki keistimewaan lain yakni keberadaan makam yang dikramatkan oleh penduduk setempat. Menurut beberapa warga sekitar, makan tersebut merupakan makam Eyang Jaya Paksi yang dipercaya merupakan keturunan Kerajaan Banten.

 

Untuk mencapai situs Gunung Kasur tidaklah terlalu sulit. Jika menggunakan kendaraan roda empat, bisa diparkir diperbatasan Desa Gadog dan Desa Cibodas. Tidak ada lahan parkir khusus memang, dari tempat itu bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan menyusuri jalan setapak yang hanya beberapa ratus meter menuju lokasi situs.

 

Memang Gunung Kasur sudah banyak dikunjungi oleh beberapa pelajar terutama pada saat liburan. Namun, keberadaan mereka hanya semata menikmati pemandangan dan pesona alam Gunung Kasur saja. Jika saja bisa dikelola, Gunung Kasur ini memiliki potensi untuk dikembangkan layaknya seperti situs Gunung Padang. Semoga dibawah kepemimpinan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, keberadaan Gunung Kasur bisa lebih diperhatikan dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Cianjur. Semoga!! (bis)

Komentar