Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Dukung Wisata Halal, Perlu Spot Destinasi Wisatawan

Cr1

Minggu, 18 September 2016 - 09:00 WIB

BC/Istimewa
BC/Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Upaya Pemerintah Kabupaten Cianjur yang akan menerapkan konsep wisata halal, disambut positif pengelola jasa perhotelan di wilayah Cipanas. Hanya saja, mereka menginginkan kedepannya pemerintah bisa menyediakan titik-titik (Spot) destinasi wisata baru yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan saat menginap.

Seperti yang diutarakan Public Relation Palace Hotel Cipanas, Panji Pratama, pihaknya mendukung langkah pemerintah yang ingin menerapkan konsep wisata halal di Cianjur. “Dari segi hotel di wilayah Cipanas, wisata halal ada yang sudah menerapkan dan ada yang belum tergantung kebijakan manajemen masing-masing,” ujar Panji kepada “BC”, Jum'at (16/9/2016).

Sesuai dengan indikator wisata halal, manajamen Palace Hotel sudah menyiapkan dari mulai sarana ibadah berupa musholla, makanan western (barat) dan chinese yang semua bahanya halal. Termasuk juga pelayanan berkualitas bagi semua, pengunjung hotel yang menginap.

“Kalaupun ada tamu hotel yang memesan makanan berbahan daging B2, biasanya akan dipesan khusus,” katanya.

Rata-rata tamu yang menginap di Palace Hotel berasal dari kalangan warga negara timur tengah, mereka jarang menanyakan apakah makanan yang ada di hotel halal atau tidak. Justru tamu dari lokal yang paling sering menanyakan, bahannya apa.

“Tamu dari timur tengah paling hanya sarapan pagi saja seperti roti, kalau mau makan mereka biasaya cari keluar hotel,” tandas Panji.  

Dirinya menegaskan, manajemen akan mengikuti apapun aturan yang dikeluarkan Pemkab. Seperti pemberlakukan jam malam, hingga terkait pengaturan minuman beralkohol. Karena berbicara wisata halal sangat luas.

Menurutnya, semenjak Cianjur di pimpin oleh Irvan Rivano Muchtar ada perubahan konsep dari segi kebijakan. Namun berkaitan dengan sektor pariwisata, belum ada perubahan khususnya yang menyangkut dengan titik-titik destinasi tujuan bagi wisatawan asal timur tengah.

Selama bulan puasa dan sesudah lebaran, tercatat 90 persen tamu yang menginap berasal dari timur tengah dengan lama menginap rata-rata selama satu pekan. Diperkirakan, tahun 2017 jumlah wisatawan timur tengah yang berkunjung ke Indonesia akan mencapai 200 persen.

“Karena belum ada tujuan wisata khusus bagi mereka, seperti kampung arab, kuliner hingga pertunjukan budaya. Kebanyakan saat ini hanya transit saja,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke manajemen untuk menyediakan fasilitas atau pertunjukan yang berbau timur tengah, seperti belly dance atau gazebo.

“Supaya memudahkan pelayanan bagi tamu timur tengah, kami juga sudah membekali seluruh pegawai dengan pelatihan bahasa. Seperti english club dan arabic club, setiap satu jam sehari,” ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…