Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:47

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Ingin Gigi Sehat? Kunyah 5 Makanan Ini...

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Minggu 18 September 2016 | 12:00 WIB

Ingin Gigi Sehat? Kunyah 5 Makanan Ini...

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Teratur menyikat gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tapi sekarang, semakin banyak penelitian yang menemukan bahwa makanan tertentu, juga baik untuk kesehatan gigi kita.

 

“Makanan fungsional dapat menjaga kesehatan jantung Anda, sedangkan yang lain dapat mempromosikan kesehatan mulut,” ujar seorang peneliti pediatrik kedokteran gigi di University of Illinois di Chicago, Christine D. Wu.

 

Dilansir dari laman Liputan6, Minggu (18/9/2016), berikut lima makanan yang baik untuk kesehatan gigi:

 

1. Teh

Senyawa yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau--bernama polifenol--dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

 

Para peneliti di University of Illinois menemukan bahwa orang yang berkumur dengan teh hitam selama satu menit sebanyak sepuluh kali sehari, plak giginya akan berkurang dibandingkan dengan mereka yang berkumur hanya dengan air.

 

Dalam sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research, Wu dan rekan-rekannya menulis bahwa teh, terutama teh hitam juga dapat melawan halitosis atau bau mulut. “Polifenol menekan gen bakteri yang mengontrol produksi senyawa bau di dalam mulut," ujarnya.

 

2. Keju

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal General Dentistry di 2014, melaporkan bahwa anak- anak berusia 12 hingga 15 tahun yang memakan keju, memiliki kadar asam yang rendah di mulutnya, daripada mereka yang makan yoghurt bebas gula atau minum segelas susu.

 

“Keju dapat menetralkan asam plak, terlebih lagi, mengunyahnya juga meningkatkan produksi air liur. Seperti sungai, air liur kemudian juga mencuci beberapa bakteri di dalam mulut,” ujar Wu.

 

3. Kismis

Kismis secara alami memang sudah manis dan tidak mengandung sukrosa. Wu menemukan, kismis juga merupakan sumber dari phytochemical yang dapat membunuh bakteri plak penyebab gigi berlubang. Beberapa senyawa dalam kismis juga mempengaruhi pertumbuhan bakteri yang terkait dengan penyakit gusi.

 

4. Buah-buahan yang renyah

Butuh waktu memang, untuk memecah makanan seperti wortel, apel, dan mentimun. Namun sebenarnya mereka juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. “Mengunyahnya dapat mengganggu plak gigi dan bisa berfungsi sebagai mekanisme pembersihan mulut,” kata Wu.

 

5. Permen karet tanpa gula

“Kunyah permen karet ini setelah Anda makan, karena permen karet juga dapat meningkatkan sekresi air liur yang menyingkirkan beberapa bakteri. Tapi yang harus diperhatikan disini ialah kalimat 'tanpa gula'," kata Wu.

Komentar