Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Awas, Suhu Air Berubah Ikan-Ikan pun Mati

Misbah Hidayat

Jumat, 28 Agustus 2015 - 10:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan (Disnakanlut) Kabupaten Cianjur mengimbau para petani ikan untuk mengubah pola tanam ikan jelang terjadinya peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi resiko kematian ikan.

Kepala Seksi Kesehatan hewan Disnakanlut Kabupaten Cianjur, agung Rianto mengatakan, menjelang pergantian musim kemarau ke musim penghujan ikan ternak berpotensi mati karena adanya kondisi perubahaan suhu air (Upwelling).

“Kondisi tersebut membuat lumpur yang ada di bawah naik ke permukaan dan membawa racun yang berasal dari sisa pakan ikan yang jatuh,” ucap Agung kepada “BC”, Kamis (27/8)

Agung menuturkan, pihaknya secara rutin memberikan penyuluhan melalui petugas UPTD Balai Budidaya Perikanan guna mengurangi angka kematian ikan yang ditanam para petani ikan seperti di wilayah waduk Cirata.

“Sejauh ini sebetulnya para petani juga sudah mengetahui perubahan musim dengan memindahkan kolam peliharaannya ke wilayah bagian dalam guna mendapatkan oksigen dan menyemprotkan air ke dalam kolam,” ujarnya.

Seharusnya, lanjut Agung, jelang pergantian musim para petani harus merubah pola pemeliharaan dengan cara mengganti jenis ikan yang ditanam dengan jenis ikan yang lebih kuat agar bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim.

“Seperti halnya jenis ikan mas, seharusnya diganti dengan ikan nila yang lebih tahan dari  penyakit,” katanya.

Menurut Agung, penyakit yang biasanya menyerang ikan pada cuaca musim penghujan yakni penyaki Koi Herves Virus yang biasa menyerang insang ikan karena kondisi ikan menurun karena kekurangan oksigen.

“Untuk penanganan ikan yang terkena penyakit tersebut ikan harus di puasakan sementara waktu. Ikan jangan terlalu banyak di berikan makan,” tuturnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 57 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 1 jam yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:05 WIB

‘Maling’ Kembalikan Barang Curiannya, Tetap Dihukum?

DUGAAN tindak pidana kegiatan pengadaan barang dan jasa fiktif di RSUD Sayang Cianjur, masih terus diselidiki Sat Reskrim Polres Cianjur.

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.