Rabu, 18 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

5 Bahan dalam Pasta Gigi Ini Ternyata Berbahaya

Rifqi Dahwan Aziz

Jumat, 23 September 2016 - 17:00 WIB

Ilustrasi Pasta Gigi. (Foto : sehatnesia.com)
Ilustrasi Pasta Gigi. (Foto : sehatnesia.com)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib membersihkan gigi dan mulut menggunakan pasta gigi. Namun dalam pemakaian harus hati-hati karena mengandung senyawa kimia merugikan kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan Cornucopia Institute, menemukan bahwa bahan dasar pembuatan pasta gigi memiliki senyawa kimia berbahaya yang berisiko pada kesehatan tubuh jika digunakan setiap hari. Terlebih senyawa kimia berbahaya tersebut kontak langsung dengan mulut yang bisa menelan tanpa sengaja.

Mengutip laman Liputna6, Jumat (23/9/2016), berikut lima senyawa kimia berbahaya yang wajib untuk dihindari.

1. Karagenan

Senyawa yang berasal daru rumput laut ini biasa digunakan sebagai bahan pengental. Namun sayangnya karagenan terbukti menyebabkan peradangan usus dan mempengaruhi tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

2. Diethanolamine (DEA)

Dalam pasta gigi, senyawa ini digunakan untuk membuat pasta gigi namun berisiko menyebabkan iritasi pada mata dan kulit. Lebih bahaya lagi jika DEA bereaksi dengan senyawa lain yang mampu menghasilkan kanker hati.

3. Fluoride

Mineral dalam pasta gigi ini digunakan untuk memperkuat email gigi sekaligus membantu cegah gigi berlubang. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa fluoride yang tertelan dapat menyebabkan kanker tulang pada pria dan gangguan fungsi otak.

4. Formaldehyde-releasing

Senyawa kimia ini melepaskan formaldehida yang mampu diserap melalui membran mulut dan menyebabkan iritasi pada kulit dan mulut hingga memicu alergi lainnya.

5. Paraben

Senyawa kimia alami yang digunakan sebagai wewangian pada pasta gigi diduga mampu mengganggu endokrin dan menyebabkan kanker dan masalah reproduksi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Camat : Kalau Tutup Bakal Banyak "Korban"

PEMERINTAH Kecamatan Ciranjang bersama Desa Cibiuk, Selasa (17/7) menggelar musyawarah, mengupayakan pembatalan penutupan perusahaan PT Three Six World oleh pihak pemilik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Kasus Galian C Pasir Lemu Ditangani Polres

KASUS tewasnya operator alat berat di lokasi galian C Kampung Pasir Lemu, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur ditangani aparat Polres Cianjur.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa

TIM Peduli Advokasi Kemanusiaan beserta sejumlah elemen masyarakat mendatangi Kantor PT PLN (Persero) Area Cianjur, Selasa (17/7/2017).

Aktualita 17/07/2018 07:00 WIB

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 17/07/2018 06:55 WIB

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 16/07/2018 22:10 WIB

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:09 WIB

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:08 WIB

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.