Sabtu, 19 Agustus 2017 - Pukul 19:50

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

5 Bahan dalam Pasta Gigi Ini Ternyata Berbahaya

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Jumat 23 September 2016 | 17:00 WIB

5 Bahan dalam Pasta Gigi Ini Ternyata Berbahaya

Ilustrasi Pasta Gigi. (Foto : sehatnesia.com)

BERITACIANJUR.COM - Dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib membersihkan gigi dan mulut menggunakan pasta gigi. Namun dalam pemakaian harus hati-hati karena mengandung senyawa kimia merugikan kesehatan.

 

Sebuah studi yang dilakukan Cornucopia Institute, menemukan bahwa bahan dasar pembuatan pasta gigi memiliki senyawa kimia berbahaya yang berisiko pada kesehatan tubuh jika digunakan setiap hari. Terlebih senyawa kimia berbahaya tersebut kontak langsung dengan mulut yang bisa menelan tanpa sengaja.

 

Mengutip laman Liputna6, Jumat (23/9/2016), berikut lima senyawa kimia berbahaya yang wajib untuk dihindari.

 

1. Karagenan

Senyawa yang berasal daru rumput laut ini biasa digunakan sebagai bahan pengental. Namun sayangnya karagenan terbukti menyebabkan peradangan usus dan mempengaruhi tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

 

2. Diethanolamine (DEA)

Dalam pasta gigi, senyawa ini digunakan untuk membuat pasta gigi namun berisiko menyebabkan iritasi pada mata dan kulit. Lebih bahaya lagi jika DEA bereaksi dengan senyawa lain yang mampu menghasilkan kanker hati.

 

3. Fluoride

Mineral dalam pasta gigi ini digunakan untuk memperkuat email gigi sekaligus membantu cegah gigi berlubang. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa fluoride yang tertelan dapat menyebabkan kanker tulang pada pria dan gangguan fungsi otak.

 

4. Formaldehyde-releasing

Senyawa kimia ini melepaskan formaldehida yang mampu diserap melalui membran mulut dan menyebabkan iritasi pada kulit dan mulut hingga memicu alergi lainnya.

 

5. Paraben

Senyawa kimia alami yang digunakan sebagai wewangian pada pasta gigi diduga mampu mengganggu endokrin dan menyebabkan kanker dan masalah reproduksi.

Komentar