Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Pesona Alam Curug Cibeureum Nan Indah

Bisri Mustofa

Sabtu, 24 September 2016 - 08:00 WIB

 Air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum merupakan salah satu objek wisata yang masuk didalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Objek wisata tersebut saat ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi pada saat hari libur. (Foto : Net/Ilustrasi
Air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum merupakan salah satu objek wisata yang masuk didalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Objek wisata tersebut saat ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi pada saat hari libur. (Foto : Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Berwisata alam memang selalu mengasyikkan terlebih bersama teman maupun keluarga. Ada sejumlah objek wisata yang ada di kawasan wisata Cipanas sangat cocok untuk dikunjungi. Apalagi jika objek wisata itu menawarkan keindahan alamnya. Tentu akan menjadi kean tersendiri bagi siapapun yang pernah berkunjung untuk berwisata.

Salah satu objek wisata yang ada di Cipanas itu adalah air terjun Cobeeureum atau orang sunda Jawa Barat lebih mengenal dengan sebutan Curug Cibeureum. Curug yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini menawarkan kesegaran dan panorama alam cantik yang cocok sebagai tempat untuk menghilangkan penat.

Saat perjalanan menuju ke lokasi Curug Cibeureum, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis. Jalan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat menjadi suatu daya tarik tersendiri bila anda berkunjung ke Curug Cibeureum.

Di sekitar Curug Cibereum, anda juga akan menjumpai air terjun lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Namun yang paling besar adalah Curug Cibereum. Ketiga curug ini berada di ketinggian sekitar 1.675 meter dari permukaan laut. Kecantikan dan kealamian yang masih terjaga membuat air terjun ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

Adapun lokasi Curug Cibeureum berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) Cibodas yakni tepatnya terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Mitos Curug Cibeureum

Dinamakan Cibeureum karena dahulu konon katanya air yang dialirkannya berwarna merah. Ci dalam bahasa Sunda berarti air dan beureum dalam bahasa Sunda berarti merah. Asal warna merah ini dari dinding tebing curug yang ditumbuhi lumut merah sehingga bila terkena sinar matahari, warna air pun berubah menjadi merah.

Selain mitos air yang berwarna merah tersebut, masih ada juga mitos lainnya yaitu warga setempat meyakini dahulu ada seorang pertapa sakti yang sedang melakukan ritual atau bertapa.  Dikarenakan bertapanya sangat lama akhirnya pertapa tersebut berubah menjadi batu. Konon batu besar yang berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum adalah perwujudan dari seorang pertapa sakti tersebut.

Rute Jalan

Jika ingin berkunjung ke Curug Cibeureum tidaklah sulit. Dari arah Jakarta atau Bandung cukup mencari alamat ke arah Cibodas Cipanas. Setibanya di Kawasan WIsata Cibodas pengunjung bisa masuk ke salah satu onjek wisata yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango maka untuk sampai di lokasi air terjun Cibeureum berjarak sekitar 2,7 km karena perjalanan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Di sepanjang perjalanan menuju curug Cibeureum ini, anda akan menemukan beberapa tempat yang menarik dan beberapa tempat peristirahatan (pos) yang memang sengaja dibangun oleh pengelola wisata. Setelah berjalan sekitar 30 menit dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, anda akan menjumpai pos pertama. Di pos ini tersedia pusat informasi, tempat istirahat, dan toilet.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke pos kedua yang terletak di dekat Telaga Biru. Telaga ini airnya berwarna biru kehijau-hijauan.

Setelah pos kedua, anda bisa menemukan pos ketiga di sebelah persimpangan (pertigaan) dan dinamakan Panyancangan Kuda. Nantinya ada plang penunjuk arah dengan arah ke kiri menuju lokasi air panas, Kandang Badak dan Puncak Gede, sedangkan arah kanan menuju ke Curug Cibeureum dan puncak Pangrango.

Dari persimpangan tersebut, anda pilih arah kanan dengan waktu tempuh menuju curug sekitar seperempat jam. Nah tidak terlalu jauh bukan, penasaran dengan Curug Cibeureum, silahkan berkunjung anda pasti akan berkesan. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.