Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:47

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Pesona Alam Curug Cibeureum Nan Indah

Oleh: Bisri Mustofa - Sabtu 24 September 2016 | 08:00 WIB

Pesona Alam Curug Cibeureum Nan Indah

Air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum merupakan salah satu objek wisata yang masuk didalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Objek wisata tersebut saat ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi pada saat hari libur. (Foto : Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Berwisata alam memang selalu mengasyikkan terlebih bersama teman maupun keluarga. Ada sejumlah objek wisata yang ada di kawasan wisata Cipanas sangat cocok untuk dikunjungi. Apalagi jika objek wisata itu menawarkan keindahan alamnya. Tentu akan menjadi kean tersendiri bagi siapapun yang pernah berkunjung untuk berwisata.

 

Salah satu objek wisata yang ada di Cipanas itu adalah air terjun Cobeeureum atau orang sunda Jawa Barat lebih mengenal dengan sebutan Curug Cibeureum. Curug yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini menawarkan kesegaran dan panorama alam cantik yang cocok sebagai tempat untuk menghilangkan penat.

 

Saat perjalanan menuju ke lokasi Curug Cibeureum, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis. Jalan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat menjadi suatu daya tarik tersendiri bila anda berkunjung ke Curug Cibeureum.

 

Di sekitar Curug Cibereum, anda juga akan menjumpai air terjun lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Namun yang paling besar adalah Curug Cibereum. Ketiga curug ini berada di ketinggian sekitar 1.675 meter dari permukaan laut. Kecantikan dan kealamian yang masih terjaga membuat air terjun ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

 

Adapun lokasi Curug Cibeureum berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) Cibodas yakni tepatnya terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

 

Mitos Curug Cibeureum

 

Dinamakan Cibeureum karena dahulu konon katanya air yang dialirkannya berwarna merah. Ci dalam bahasa Sunda berarti air dan beureum dalam bahasa Sunda berarti merah. Asal warna merah ini dari dinding tebing curug yang ditumbuhi lumut merah sehingga bila terkena sinar matahari, warna air pun berubah menjadi merah.

 

Selain mitos air yang berwarna merah tersebut, masih ada juga mitos lainnya yaitu warga setempat meyakini dahulu ada seorang pertapa sakti yang sedang melakukan ritual atau bertapa.  Dikarenakan bertapanya sangat lama akhirnya pertapa tersebut berubah menjadi batu. Konon batu besar yang berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum adalah perwujudan dari seorang pertapa sakti tersebut.

 

Rute Jalan

 

Jika ingin berkunjung ke Curug Cibeureum tidaklah sulit. Dari arah Jakarta atau Bandung cukup mencari alamat ke arah Cibodas Cipanas. Setibanya di Kawasan WIsata Cibodas pengunjung bisa masuk ke salah satu onjek wisata yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango maka untuk sampai di lokasi air terjun Cibeureum berjarak sekitar 2,7 km karena perjalanan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

 

Di sepanjang perjalanan menuju curug Cibeureum ini, anda akan menemukan beberapa tempat yang menarik dan beberapa tempat peristirahatan (pos) yang memang sengaja dibangun oleh pengelola wisata. Setelah berjalan sekitar 30 menit dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, anda akan menjumpai pos pertama. Di pos ini tersedia pusat informasi, tempat istirahat, dan toilet.

 

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke pos kedua yang terletak di dekat Telaga Biru. Telaga ini airnya berwarna biru kehijau-hijauan.

 

Setelah pos kedua, anda bisa menemukan pos ketiga di sebelah persimpangan (pertigaan) dan dinamakan Panyancangan Kuda. Nantinya ada plang penunjuk arah dengan arah ke kiri menuju lokasi air panas, Kandang Badak dan Puncak Gede, sedangkan arah kanan menuju ke Curug Cibeureum dan puncak Pangrango.

 

Dari persimpangan tersebut, anda pilih arah kanan dengan waktu tempuh menuju curug sekitar seperempat jam. Nah tidak terlalu jauh bukan, penasaran dengan Curug Cibeureum, silahkan berkunjung anda pasti akan berkesan. (bis)

Komentar