Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:37

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Garap Wisata Air Panas, Tambah Pendapatan PADes

Oleh: Susi Susilawati - Sabtu 24 September 2016 | 13:00 WIB

Garap Wisata Air Panas, Tambah Pendapatan PADes

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah desa di Kabupaten Cianjur memiliki potensi wisata yang kini belum dikembangkan secara maksimal untuk menambah pemasukan Pendapatan Asli Desa (PADes). Melihat potensi itulah Pemerintahan Desa Sukasirna, Kecamatan Leles Cianjur Selatan berencana akan mengembangkan objek wisata Kawah Air Panas yang terletak di Kampung Sindangtama RT 04/RW 03.

 

Kepala Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Mubarok melalui perangkat desa Agus, mengungkapkan, objek wisata Kawah Air Panas saat ini belum terkelola dengan maksimal baik oleh Pemerintah Desa maupun oleh pemuda Karang Taruna. Keterbatasan anggaran menjadi salah satu penyebab belum terkelolanya objek wisata tersebut dengan baik. 

 

"Kami memang baru merencanakan untuk mengembangkan wisata air panas ini,  karena memang sudah banyak masyarakat yang berkunjung,  khususnya saat memasuki musim libur sekolah dan libur nasional," kata Agus, Jum'at (23/9).
Untuk masuk ke objek wisata air panas kata Agus, sejauh ini belum dipungut biaya. Masyarakat dari berbagai daerah bisa dengan bebas berkunjung tanpa dipungut biaya masuk maupun biaya lainnya.

 

Melihat jumlah pengunjung yang terus meningkat, pihak desa berencana akan mengalokasikan anggaran untuk penataan kawasan objek wisata. Diharapkan setelah adanya pengelolaan dari desa akan menambah PADes. 

 

"Karena antusias masyarakat yang datang cukup tinggi imgin menikmati panorama alam, ini potensi yang tidak bisa dibiarkan. Kita ingin mengelolanya dengan konsep pemberdayaan masyarakat setempat. Nantinya dalam meningkatkan perekonomian, masyarakat bisa membuka warung atau lainnya," katanya. 

 

Sementara itu,  salah satu pengunjung warga Kecamatan  Pagelaran, Lukman menerangkan,  wisata air panas ini di memang satu-satunya di Cianjur Selatan. Pihaknya berharap wisata ini bisa dimaksimalkan oleh pemerintah agar bisa lebih terkenal dan berdampak pada pembangunan pariwiata lainnya di Cianjur selatan.

 

"Sering berkunjung ke objek wisata air panas sekedar untuk menimati panorama alam yang indah. Memang belum dikembangkan secara maksimal. Mudah-mudahan saja kedepan akan lebih baik lagi penataannya dan pengunjung bisa meningkat," harapnya. (bis) 

Komentar