Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Stres Sebabkan 3 Penyakit Ini Jadi Mematikan

Rifqi Dahwan Aziz

Senin, 26 September 2016 - 16:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Setiap manusia tentunya pernah atau mungkin kini tengah mengalami suatu kondisi yang menyerang kesehatan fisik sekaligus psikisnya yaitu, stres.

Ada seribu satu alasan di balik kemunculan stres. Terkadang yang perlu diperhatikan baik-baik bukanlah pemicunya, namun konsekuensinya terhadap kesehatan dalam jangka waktu panjang yang harus menjadi pusat perhatian setiap penderitanya.

Mungkin sudah banyak orang tahu akan ancaman stres pada kesehatan fisik dan psikis manusia. Akan tetapi, mereka tidak tahu betul ancaman yang diberikan itu ketika menyerang beberapa organ penting dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kematian secara instan.

Melansir laman Liputan6, Senin (26/9/2016), ada tiga penyakit akut yang bisa dipicu atau diperburuk dengan stres, terlepas dari ada atau tidaknya penyakit tersebut dalam sejarah riwayat kesehatan seseorang.

Apa saja dan bagaimana stres membuatnya menjadi senjata mematikan bagi manusia? perhatikan jawabannya di bawah ini:

Penyakit jantung

Stres dapat dengan mudahnya memicu serangan pada jantung baik secara langsung maupun tidak. Beberapa orang memilih mengonsumsi minuman beralkohol atau jadi beralih menggunakan amarah setiap kali dihadapi masalah. Hal ini secara tidak langsung membuat tekanan darah menjadi terlampau tinggi dan alhasil, orang tersebut akan dihantam serangan yang tak terhindarkan pada jantungnya. Ini bisa terjadi bahkan pada seseorang yang tidak mempunyai sejarah penyakit jantung.

Stres kerja diyakini memberikan manusia resiko terkena serangan jantung sebesar 23%. Terlebih, stres yang kerap dikeluarkan melalui amarah memiliki 9 kali resiko lebih besar membuat penderitanya meninggal dibandingkan pemicu lainnya.

Penyakit diabetes

Bukan hanya alkohol, penderita stres akut ada juga yang beralih ke makanan. Sebetulnya ini tidak negatif apabila jumlah asupan yang dikonsumsi tidak melampaui batas. Namun, ada yang melewati batas da mengonsumsi terlampau banyak makanan mengandung glukosa tinggi. Pasalnya, seseorang tersebut akan memiliki resiko tinggi alami penyakit diabetes yang juga dengan sangat mudahnya dapat merengut nyawa sang penderita.

Penyakit Alzheimer

Penyakit jantung dan diabetes menyerang organ fisik manusia. Stres tidak hanya menyerang kedua organ tersebut namun memiliki kemampuan untuk membuat penderitanya menderita penyakit Alzheimer.

Penyakit ini sangat kronis dan menyerang khususnya psikis manusia di mana penderitanya di buat menurun daya ingatannya, koordinasi tubuh, kemampuan bicara dan motivasinya untuk bertahan hidup.

Para ilmuwan di University of Gothernburg, Swedia menemukan fakta terbaru bahwa kadar hormon stres yang terlampau tinggi dalam otak memainkan peran yang sangat dominan untuk membuat seseorang menderita penyakit psikis ini.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.