Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Keuntungan Lain dari Veneer Gigi

Astri D. Andriani

Jumat, 28 Agustus 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Veneer gigi mampu mengubah bentuk dan susunan gigi menjadi lebih rapi serta membuat senyum terlihat lebih menarik. Metode ini umumnya hanya dikenal bertujuan untuk estetika kecantikan.

Terbukti para aktris, penyanyi, model, dan orang-orang yang berasal dari dunia hiburan banyak melakukannya. Tetapi ternyata, prosedur estetika yang sudah dilakukan dari tahun 1930 ini pun juga mempunyai manfaat dari sisi kesehatan.

Seperti yang dipaparkan oleh drg. Adina Rahmayanti, SpKG, veneer gigi bisa dilakukan pada pasien yang mempunyai kondisi gigi bertumpuk antara satu dengan yang lainnya. Kondisi gigi tumpang-tindih ini sangat tidak higienis jika ditinjau dari segi kesehatan.

"Kalau giginya menumpuk atau maju mundur, kan dari sisi kesehatan kotor ya. Menyikat gigi juga jadi tidak maksimal. Kalau ada gigi yang berlubang juga susah dilihatnya," terangnya.

Dokter dua anak ini melanjutkan, dengan mengasah gigi terlebih dahulu dan memberikan lapisan veneer, dapat memperbaiki bentuk gigi dan membuatnya seolah terlihat 'normal'. Sehingga pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Lebih lanjut dokter yang mengambil spesialisasi konservasi gigi di Universitas Indonesia ini mengatakan, untuk kasus ringan seperti ini, veneer gigi masih mungkin untuk dilakukan.

Namun pada kondisi gigi yang terbilang cukup rumit, veneer tidak disarankan. "Kasus berat pada gigi itu biasanya kondisi gigi yang berjejal, menumpuk sekali sampai giginya miring. Atau juga gigi gingsul yang terlalu maju ke depan, itu agak susah untuk veneer karena tidak bisa diasah giginya," tambahnya lagi.

Pada kasus gigi gingsul, veneer tidak bisa dilakukan karena harus mengasah gigi terlalu banyak. Untuk itu, wanita yang akrab disapa Adin ini selalu memberikan opsi lain pada pasien, misalnya melakukan perawatan orthodonsi, seperti pemasangan bracket atau kawat gigi.

Tetapi ada pula pasien yang 'memaksa' untuk melakukan veneer, alasannya karena tuntutan pekerjaan. "Pernah ada pramugari yang datang ke saya untuk veneer. Saya sudah tawarkan pasang kawat tapi dia ternyata tidak boleh pakai kawat gigi. Jadi tetapi saya kerjakan, tapi harus melakukan perawatan gigi dulu," katanya.

Perawatan gigi tersebut dilakukan untuk mematikan syaraf gigi, sehingga tidak terlalu sakit saat proses pengasahan gigi. Namun drg. Adin mengatakan hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ia harus meminta persetujuan pasien terlebih dahulu. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?