Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Keuntungan Lain dari Veneer Gigi

Astri D. Andriani

Jumat, 28 Agustus 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Veneer gigi mampu mengubah bentuk dan susunan gigi menjadi lebih rapi serta membuat senyum terlihat lebih menarik. Metode ini umumnya hanya dikenal bertujuan untuk estetika kecantikan.

Terbukti para aktris, penyanyi, model, dan orang-orang yang berasal dari dunia hiburan banyak melakukannya. Tetapi ternyata, prosedur estetika yang sudah dilakukan dari tahun 1930 ini pun juga mempunyai manfaat dari sisi kesehatan.

Seperti yang dipaparkan oleh drg. Adina Rahmayanti, SpKG, veneer gigi bisa dilakukan pada pasien yang mempunyai kondisi gigi bertumpuk antara satu dengan yang lainnya. Kondisi gigi tumpang-tindih ini sangat tidak higienis jika ditinjau dari segi kesehatan.

"Kalau giginya menumpuk atau maju mundur, kan dari sisi kesehatan kotor ya. Menyikat gigi juga jadi tidak maksimal. Kalau ada gigi yang berlubang juga susah dilihatnya," terangnya.

Dokter dua anak ini melanjutkan, dengan mengasah gigi terlebih dahulu dan memberikan lapisan veneer, dapat memperbaiki bentuk gigi dan membuatnya seolah terlihat 'normal'. Sehingga pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Lebih lanjut dokter yang mengambil spesialisasi konservasi gigi di Universitas Indonesia ini mengatakan, untuk kasus ringan seperti ini, veneer gigi masih mungkin untuk dilakukan.

Namun pada kondisi gigi yang terbilang cukup rumit, veneer tidak disarankan. "Kasus berat pada gigi itu biasanya kondisi gigi yang berjejal, menumpuk sekali sampai giginya miring. Atau juga gigi gingsul yang terlalu maju ke depan, itu agak susah untuk veneer karena tidak bisa diasah giginya," tambahnya lagi.

Pada kasus gigi gingsul, veneer tidak bisa dilakukan karena harus mengasah gigi terlalu banyak. Untuk itu, wanita yang akrab disapa Adin ini selalu memberikan opsi lain pada pasien, misalnya melakukan perawatan orthodonsi, seperti pemasangan bracket atau kawat gigi.

Tetapi ada pula pasien yang 'memaksa' untuk melakukan veneer, alasannya karena tuntutan pekerjaan. "Pernah ada pramugari yang datang ke saya untuk veneer. Saya sudah tawarkan pasang kawat tapi dia ternyata tidak boleh pakai kawat gigi. Jadi tetapi saya kerjakan, tapi harus melakukan perawatan gigi dulu," katanya.

Perawatan gigi tersebut dilakukan untuk mematikan syaraf gigi, sehingga tidak terlalu sakit saat proses pengasahan gigi. Namun drg. Adin mengatakan hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ia harus meminta persetujuan pasien terlebih dahulu. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?