Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

4 Pesan yang Disampaikan Tubuh Melalui Kentut

Rifqi Dahwan Aziz

Kamis, 29 September 2016 - 20:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kentut atau buang angin bukanlah hal yang umumnya akan dilakukan di tempat publik. Ini dikarenakan proses kentut kerap kali diikuti suara yang tidak enak terdengar di kuping sekaligus bau tidak sedap.

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa kentut hanyalah proses keluarnya angin yang terjebak dalam tubuh. Namun sebetulnya, ketika seseorang kentut, tubuh mereka tengah berupaya untuk menyampaikan sebuah pesan soal apa yang sedang terjadi dalam perut.

Alasan beragam namun setelah dikerucutkan, ada empat pesan yang paling mungkin ingin disampaikan oleh tubuh kepada orang tersebut.

Melansir laman Liputan6, Rabu (28/9/2016), berikut empat pesan yang ingin disampaikan tubuh lewat kentut.

1. Anda sedang sakit atau akan mengalaminya dalam waktu dekat

Bakteri baik dan jahat akan selalu ada di dalam tubuh kita. Idealnya, bakteri baik dan jahat harus seimbang jumlahnya dalam perut. Namun ada kalanya di mana jumlah keduanya tidak seimbang yaitu seperti saat kita sedang sakit demam tinggi akibat infeksi pada bagian tubuh tertentu.

Jadi saat seseorang kentut, kemungkinan pertama adalah tubuh mereka berusaha menjelaskan bahwa jumlah bakteri tidak seimbang dalam perut dan ini membuat dirinya sakit atau akan sakit dalam waktu dekat lantaran infeksi tidak bisa terkendali dalam tubuh.

2. Masuk angin

Masuk angin memang juga tergolong sebagai penyakit. Namun ada beberapa kasus hal ini dipahami bukan sebagai penyakit tetapi proses alami dalam tubuh manusia yang terjadi karena ulah orang itu sendiri. Contohnya, seseorang yang mengunyah atau makan terlalu cepat tanpa disadari telah memberikan kesempatan untuk udara berupa angin untuk memasuki tubuh dan memenuhi tempat-tempat di mana makanan seharusnya berada.

Jadi, pesan kedua yang tubuh ingin sampaikan pada seseorang adalah kemungkinan masuk angin.

3. Jangan bombardir kami dengan produk susu!

Perut kita akan mengirimkan signal kepada otak saat ada yang tidak beres di bagian tersebut. Sama halnya dengan bakteri, tingkat keasaman yang tidak seimbang dalam tubuh juga akan memicu pengiriman signal tersebut lewat kentut dan rasa perih pada bagian tertentu di perut.

Jadi, pesan ketiga dari perut adalah untuk seseorang berhenti menyiksa organ-organ dalam perut dengan berhenti mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman produk susu yang membuat perut terlalu asam.

4.Perubahan hormon atau tanda memasuki fase menopause

Pesan terakhir yang paling mungkin ingin disampaikan oleh perut kepada seseorang adalah, adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Perubahan tersebut membuat banyak zat dalam tubuh tidak seimbang jumlah atau kadarnya dan tentunya ketika ada masalah di bagian tersebut.

Tubuh akan cari cara untuk beritahu otak apa yang terjadi. Hal ini juga kerap dianggap sebagai pertanda seseorang memasuki fase menopause.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?