Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

4 Pesan yang Disampaikan Tubuh Melalui Kentut

Rifqi Dahwan Aziz

Kamis, 29 September 2016 - 20:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kentut atau buang angin bukanlah hal yang umumnya akan dilakukan di tempat publik. Ini dikarenakan proses kentut kerap kali diikuti suara yang tidak enak terdengar di kuping sekaligus bau tidak sedap.

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa kentut hanyalah proses keluarnya angin yang terjebak dalam tubuh. Namun sebetulnya, ketika seseorang kentut, tubuh mereka tengah berupaya untuk menyampaikan sebuah pesan soal apa yang sedang terjadi dalam perut.

Alasan beragam namun setelah dikerucutkan, ada empat pesan yang paling mungkin ingin disampaikan oleh tubuh kepada orang tersebut.

Melansir laman Liputan6, Rabu (28/9/2016), berikut empat pesan yang ingin disampaikan tubuh lewat kentut.

1. Anda sedang sakit atau akan mengalaminya dalam waktu dekat

Bakteri baik dan jahat akan selalu ada di dalam tubuh kita. Idealnya, bakteri baik dan jahat harus seimbang jumlahnya dalam perut. Namun ada kalanya di mana jumlah keduanya tidak seimbang yaitu seperti saat kita sedang sakit demam tinggi akibat infeksi pada bagian tubuh tertentu.

Jadi saat seseorang kentut, kemungkinan pertama adalah tubuh mereka berusaha menjelaskan bahwa jumlah bakteri tidak seimbang dalam perut dan ini membuat dirinya sakit atau akan sakit dalam waktu dekat lantaran infeksi tidak bisa terkendali dalam tubuh.

2. Masuk angin

Masuk angin memang juga tergolong sebagai penyakit. Namun ada beberapa kasus hal ini dipahami bukan sebagai penyakit tetapi proses alami dalam tubuh manusia yang terjadi karena ulah orang itu sendiri. Contohnya, seseorang yang mengunyah atau makan terlalu cepat tanpa disadari telah memberikan kesempatan untuk udara berupa angin untuk memasuki tubuh dan memenuhi tempat-tempat di mana makanan seharusnya berada.

Jadi, pesan kedua yang tubuh ingin sampaikan pada seseorang adalah kemungkinan masuk angin.

3. Jangan bombardir kami dengan produk susu!

Perut kita akan mengirimkan signal kepada otak saat ada yang tidak beres di bagian tersebut. Sama halnya dengan bakteri, tingkat keasaman yang tidak seimbang dalam tubuh juga akan memicu pengiriman signal tersebut lewat kentut dan rasa perih pada bagian tertentu di perut.

Jadi, pesan ketiga dari perut adalah untuk seseorang berhenti menyiksa organ-organ dalam perut dengan berhenti mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman produk susu yang membuat perut terlalu asam.

4.Perubahan hormon atau tanda memasuki fase menopause

Pesan terakhir yang paling mungkin ingin disampaikan oleh perut kepada seseorang adalah, adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Perubahan tersebut membuat banyak zat dalam tubuh tidak seimbang jumlah atau kadarnya dan tentunya ketika ada masalah di bagian tersebut.

Tubuh akan cari cara untuk beritahu otak apa yang terjadi. Hal ini juga kerap dianggap sebagai pertanda seseorang memasuki fase menopause.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.