Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:59

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Layanan LAPOR Perlu Menyentuh Hingga ke Desa

Oleh: cr1 - Jumat 30 September 2016 | 12:00 WIB

Layanan LAPOR Perlu Menyentuh Hingga ke Desa

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Langkah Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar yang mereformasi pelayanan publik, dengan membuka Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) perlu mendapat apresiasi.

 

Hanya saja yang perlu dilakukan, sejauhmana layanan LAPOR tersebut bisa diketahui masyarakat di tingkat kecamatan hingga desa. Sehingga bisa melaporkan langsung jika terjadi pelayanan yang kurang maksimal di wilayah.

 

"Sampai saat ini belum ada sosialisasi tentang layanan tersebut, baru selentingan mendengar dari pihak-pihak terkait," ujar Humas Kecamatan Pacet, Yudi Wahyudi, Kamis (29/9/2016).

 

Menurutnya, informasi dan sosialisasi tentang layanan LAPOR tersebut sangat penting sampai ketingkat bawah. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dari setiap OPD pelayanan publik.

 

"Masyarakat harus tahu, tinggal kedepannya koordinasi antara pemerintah kabupaten dengan kecamatan dan desa," katanya.

 

Dikatakannya, jika ada pengaduan maupun keluhan terkait pelayanan di Kecamatan Pacet selalu bisa diselesaikan dan ada tindaklanjutnya.

 

"Kita memang belum menyediakan layanan, tapi setiap keluhan dan pengaduan ditanggapi dengan serius dan ditindaklanjuti," katanya.

 

Diungkapkannya, tatap muka secara langsung menjadi cara yang paling efisien mendengarkan setiap keluhan dari masyarakat. Makanya, ketika ada keluhan dan perlu kejelasan silahkan lapor serta mendatangi langsung kecamatan.

 

"Saya harap informasi dan sosialisasi adanya layanan LAPOR, bukan hanya dipasang di OPD saja melainkan juga bisa di kantor kecamatan hingga desa. Agar masyarakat bisa lebih mengerti," harapnya.

 

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Pemkab Cianjur, Pratama Nugraha mengatakan, jika spanduk berisi informasi layanan aspirasi dan pengaduan (LAPOR) tersebut di pasang di setiap dinas ataupun OPD pelayanan publik.

 

“Kalau ada pelayanan yang kurang bagus, masyarakat bisa langsung kirim keluhannya dengan identitas lengkap melalui sms atau email yang tertera,” katanya.

 

Nantinya, setiap aspirasi maupun keluhan yang masuk akan di laporkan ke dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti. Sehingga pelayanan publik yang diberikan oleh dinas maupun OPD, bisa lebih baik kedepannya.

 

“Layanan ini langkah yang sangat bagus dan harus didukung juga oleh masyarakat. Artinya, tidak hanya pelayanan di pemerintah saja yang harus lebih baik, namun juga masyarakat juga harus mengikuti aturan yang ada jika ingin dilayani,” tandas Pratama.

 

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan keluhan terkait pelayanan, bisa langsung mengirimkannya melalui pesan singkat (SMS) ke nomor 1708. Sedangkan, melalui email bisa melalui itdacianjur@gmail.com. (bis)

Komentar