Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Rasa Puas Merokok Ternyata Hanya Rekayasa Pikiran Saja

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 05 Oktober 2016 - 16:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Nikotin membutuhkan Anda, sama seperti Anda membutuhkannya. Ini adalah satu hal penting yang harus ditanamkan di pikiran setiap perokok di muka bumi ini.

Dopamin atau neurotransmitter pembawa perasaan senang dalam tubuh yang dirasakan setiap kali seorang perokok menghisap rokoknya hanya terjadi atau dilepaskan dalam otak ketika orang tersebut mempercayainya.

Intinya, rasa senang atau puas saat menghisap dan menghembuskan asap rokok itu terbuat dari pikiran semata dan diatur secara independen oleh otak mereka.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychiatry, menemukan bahwa hanya perokok yang berpikir bahwa rokoknya yang mengandung nikotinlah yang akan merasa dirinya mendapatkan kepuasan saat menghisapnya.

Saat seorang perokok diberitahu bahwa rokok yang mereka hisap tidak mengandung nikotin, umumnya mereka tidak akan merasa puas seperti yang mereka pikir akan rasakan jika diberitahu sebaliknya.

Dalam studi tersebut, para peneliti menguji 24 perokok aktif tergolong akut dengan menganalisa aktivitas otak mereka di mesin Fungsional MRI (fMRI), seusai merokok. Setiap peneliti mengunjungi para perokok sebanyak empat kali di waktu yang terpisah, namun mereka hanya memberikan rokok yang asli dengan nikotin di dalamnya dua kali.

Pertama, mereka diberitahu bahwa rokok tersebut mengandung nikotin dan rokok yang lain tidak mengandung zat tersebut. Saat diberitahu bahwa rokok yang mereka tengah isap mengandung nikotin, para peneliti mendeteksi adanya reaksi di dalam otak mereka.

Scan fMRI menunjukkan peningkatan aktivitas di dalam insula, yaitu salah satu daerah utama di bagian dalam otak yang mengontrol keinginan akan zat adiktif.

Hal tersebut membuktikan bahwa rokok hanya memuaskan kecanduan mereka ketika mereka tahu ada nikotin di dalamnya.

Perokok biasanya mendapatkan serbuan dopamin ketika nikotin masuk ke tubuhnya. Itulah sebabnya mengapa mereka merasa lebih baik ketika akhirnya mendapatkan rokok yang sudah diinginkannya.

Terlebih,  ini pula sebabnya nikotin sangat adiktif, setiap perokok mendambakannya, secara fisik dan psikologis.

Jika tindakan sederhana seperti misalnya tidak mempercayai nikotin dapat menetralkan efeknya dilakukan secara konsisten, maka mungkin mengurangi ketergantungan pada rokok bisa menjadi lebih mudah tanpa harus mengandalkan obat atau tindakan medis lainnya. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.