Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Sukses Berkat Sambal Ikan Tuna Krilia

K-1

Jumat, 07 Oktober 2016 - 15:00 WIB

Marhamah, Pembuat Sambal Ikan Tuna Krilia (Foto : BC/K-1)
Marhamah, Pembuat Sambal Ikan Tuna Krilia (Foto : BC/K-1)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sebelum sukses seperti sekarang membuat salah satu pelengkap nasi, yakni sambal yang kaya akan rasa rempah khas Indonesia. Pengalamannya selaku ibu rumah tangga (IRT) yang biasa mengasuh dan membiayai anaknya bersekolah, pendapatan sang suami pun hanya sebagai pedagang ikan pindang, membuat Marhamah terus berfikir, harus berbisnis apa? Untuk mencari pendapatan lebih.

Terinspirasi dari sang suami yang hanya merupakan pedagang ikan pindang itulah, Marhamah pun mencoba memadukan ikan pindang tersebut dengan cabai dan beberapa rempah-rempah lainnya. Dirinya, setidaknya melakukan 6 kali uji coba sebelum akhirnya menemukan resep sambal yang lezat.

"Awalnya, suruh coba keluarga ternyata kurang enak. Terus sama tetangga masih juga kurang enak, hingga terus saya mencoba dan mencoba. Pertama kali produksi sambal sudah sekitar 6 bulan yang lalu, dan sekarang Alhamdulillah, banyak orang-orang yang suka, kadang banyak yang pesan via Medsos (Media sosial)," ucap Marhamah saat berbincang-bincang dengan "BC" Kamis (6/10/2016) pagi kemarin.

Marhamah pun melabeli produk sambal kemasannya tersebut dengan sebutan "Sambal Ikan Tuna Krilia". Bahkan, dalam kemasannya memasang foto dirinya, agar kelak anak cucunya mengetahui bahwa sambal tersebut buatan sang ibu atau nenek mereka.

Beberapa bulan membangun bisnis kecil-kecilan, Marhamah semakin terus mempelajari teknik sterilisasi dan pengemasan sambal serta dirinya ikut bergabung bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Saya sangat diuntungkan bergabung dengan para pelaku di UMKM karena selain kita menambah teman, keluarga, dan sahabat, kita pun sambil sharing juga menjual produk kita lebih mudah lagi," aku Marhamah.

Kini, produksi Sambal Ikan Tuna Krilia sudah beredar di pasaran dan sering meramaikan event-event bazzar yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Namun, dirinya lebih mengandalkan Medsos sebagai media bisnisnya karena lebih mudah dan lebih cepat orang mengenali produknya. Ia pun boleh berbangga, lantaran pasar sambal kemasannya tak hanya di Tanah Air saja, tapi sudah pernah melanglang buana hingga ke luar negeri.

"Selain kita tawarkan kepada teman, saudara, sahabat, dan tetangga. Ada juga yang di bawa ke Australia, sebagai oleh-oleh untuk warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Bahkan, bulan ini saya mendapat pesanan dari seseorang yang akan pergi umrah, Alhamdulillah, Sambal Ikan Tuna Krilia ini bisa diterima masyarakat. Perkembangannya jauh dari perkiraan saya," bebernya penuh haru.

Kisah Marhamah pun membuktikan bahwa sambal sudah menjadi komoditas bisnis menggiurkan dan sangat menguntungkan. Sehingga, kini ia tak begitu bergantung lagi pada pendapatan suaminya dan bisa menambah uang jajan buat anaknya bersekolah.

"Saya berharap juga kepada pemerintah, bisa membantu pemasarannya atau jika dalam mengikuti bazzar tolong promosikan dengan baik supaya orang-orang ada minat, jadi tidak hanya kita saja yang menawarkan tapi pemerintah juga menolong," pungkasnya. (rus)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 22 menit yang lalu

Ini Pemborosan dan Penyelewengan Anggaran

PENGAKUAN Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan bahwa dirinya dan pejabat Pemkab Cianjur lainnya termasuk bupati, menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Kapolres Minta Personel Jalankan Buddy System

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH mengimbau personelnya agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas dilapangan sebagai upaya antisipasi aksi teror.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Karyawan Perumdam Tirta Mukti Tingkatkan Ibadah

BULAN Ramadan menjadi momentum setiap orang untuk berlomba mendapatkan pahala di bulan suci itu. Tak terkecuali para karyawan di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cianjur.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Disdukcapil Minta Perbaikan Jaringan Dipercepat

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait adanya gangguan server dalam pembuatan KTP elektronik dalam tiga hari terakhir.

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Bisnis Line 10 jam yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 24 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?