Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

7 Jenis Kepribadian Ini Pengaruhi Kesehatan

Rifqi Dahwan Aziz

Jumat, 07 Oktober 2016 - 16:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ternyata, kepribadian tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial, pekerjaan, dan hubungan kita. Namun juga bisa mempengaruhi kesehatan, penelitian menunjukkan.

Di bawah ini, adalah ciri-ciri kepribadian umum dan kondisi kesehatan yang terkait padanya, seperti dilansir dari Liputan6, Jumat (7/10/2016):

1. Suka pamer atau ekstrovert

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Milan University, orang ekstrovert cenderung berisiko lebih rendah untuk memiliki penyakit jantung, mudah pulih dari suatu penyakit, namun rentan terhadap infeksi.

Peneliti menemukan, bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert, tekanan darahnya berkurang sebanyak 26 persen. Mereka juga cenderung memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah dan umumnya sangat baik dalam mengatasi masalah apapun yang datang dalam kehidupannya.

Namun mereka lebih cenderung meninggal dini, karena orang yang suka pamer lebih berisiko mengalami cedera serius, misalnya kecelakaan.

Kelebihan: berisiko rendah memiliki penyakit jantung
Kekurangan: lebih tinggi mengalami kematian dini

2. Romantis

Sebuah studi di University of North Carolina, menemukan bahwa orang yang suka sekali memeluk dan mencium pasangannya secara rutin, memiliki tekanan darah dan denyut jantung lebih rendah, dibanding mereka yang tidak melakukan kontak fisik secara teratur.

Namun mereka yang suka melakukan hal romantis, juga dapat menderita masalah emosional dan bisa saja sangat bergantung pada pasangannya.

Bahkan jika sudah parah, bisa mengalami kecemasan dan rasa takut.

Kelebihan: kesehatan jantung yang lebih baik

Kekurangan: serangan kecemasan

3. Ambisius

Studi oleh University of California, menemukan bahwa orang ambisius, disiplin, dan terorganisir, diyakini bisa hidup hingga empat tahun lebih lama, daripada mereka yang impulsif.

“Orang yang terorganisir, kemungkinan lebih banyak meluangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, daripada orang yang tidak terorganisir. Ini artinya, mereka lebih mungkin mendapat diagnosis lebih cepat jika memiliki penyakit serius,” ujar profesor Craig Jackson. 

Namun mereka yang ambisius lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung. Sebuah studi oleh University of Utah menemukan, bahwa semakin sukses seseorang, maka semakin besar risiko ia memiliki tekanan darah tinggi.

Kelebihan: penyakit serius terdiagnosis lebih cepat

Kekurangan: tekanan darah tinggi

4. Petualang

Menurut penelitian di Washington State University, kepribadian atau jiwa petualang merupakan salah satu ciri yang membuat Anda sehat dan bahagia,

Tetapi menurut penulis studi, Dr. Robert Cloninger, menyebutkan bahwa “neophilia” –menyukai hal-hal baru-- bisa menyebabkan perilaku anti sosial.

Kelebihan: kesehatan mental yang lebih baik

Kekurangan: bisa menjadi anti sosial 

5. Optimis

Menurut peneliti Jepang, pandangan positif memang membuat Anda lebih bahagia, namun tidak sepenuhnya hal ini baik. Ternyata orang dengan kepribadian ini lebih mungkin untuk melihat bahwa menjalani diet, terasa lebih sulit. 

Para peneliti dari Doshisha University di Kyoto, menemukan pria dan wanita obesitas yang menjalani program penurunan berat badan selama enam bulan, serta melibatkan konseling gizi, dan olahraga tak terlalu berpengaruh jika mereka berpikir positif.

Kelebihan: lebih bahagia

Kekurangan: indeks massa tubuh lebih tinggi

6. Santai

Penelitian menemukan bahwa kepribadian yang santai, membuat Anda berisiko lebih rendah untuk memiliki penyakit Alzheimer. Namun peneliti Amerika Serikat menemukan, bahwa orang-orang yang santai lebih mungkin melewatkan atau tidak melakukan pemeriksaan kesehatan, dan gagal dalam menindaklanjuti suatu gejala yang tidak biasa. Bahkan dalam suatu penelitian, kepribadian ini menurunkan arthritis sebanyak 21 persen.

Kelebihan: kurang mungkin terkena Alzheimer dan arthritis

Kekurangan: kondisi serius terlambat terdiagnosis

7. Pemalu

Studi pada usia 30 tahunan yang dilakukan oleh para peneliti Chicago telah menemukan, bahwa orang yang pemalu, 50 persen lebih mungkin menderita serangan jantung atau stroke.

Para peneliti percaya bahwa mereka yang pemalu, lebih memiliki dan menjalani kehidupan yang sudah ia ketahui seluk beluknya, sehingga ketika dihadapkan oleh situasi baru, bisa membuatnya stres. Selain itu mereka juga rentan terhadap virus infeksi seperti flu.

Namun mereka yang pemalu lebih mungkin memiliki kesehatan seksual yang baik, karena cenderung tidak memiliki banyak pasangan seksual, atau melakukan seks yang berbahaya.

Kelebihan: kesehatan seksual lebih baik

Kekurangan: risiko lebih tinggi terkena stroke

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?