Selasa, 30 Mei 2017 - Pukul 16:13

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

entertainment

Mini Konser SEVEN : Padukan Seni Modern dan Tradisional

Oleh: Susi Susilawati, Cr7 - Sabtu 08 Oktober 2016 | 09:00 WIB

Mini Konser SEVEN : Padukan Seni Modern dan Tradisional

BC/Dok

BERITACIANJUR.COM - Mini Konser SEVEN yang rutin digelar tim kreatif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, setiap bulannya, Jumat (7/10/2016) kemarin kembali dilaksanakan di Taman Joglo, Jalan Siliwangi, Keluarahan Pamoyanan, Cianjur. 

 

Acara yang menampilkan perpaduan budaya modern dan tradisional, jadi suguhan atrkatif yang menarik ratusan orang penonton. Tampil sebagai pengisi acara, ksenian maenpo yang diperagakan langsung sesepuh Pasar Baru Cianjur, Abah Hasan dan dua orang pesilat, Seni Mamaos yang menampilkan langsung pelaku kesenian asli Cianjur, Karang Taruna Band dan Sunda Woles yang jadi Band Penutup. 

 

Meski cuaca kurang mendukung, namun penonton tampak antusias mengikuti rangkaian acara.

 

Bupati Irvan Rivano Muchtar yang berkesempatan hadir terlihat begitu menikmati acara hiburan tersebut.  Bahkan, Bupati juga ikut bernyanyi di salah satu lagu yang sedang dlantunkan Karang taruna Band. Tidak hanya bernyanyi, Bupati  tampak antusias melihat peragaan sejumlah jurus silat maenpo Cianjur.

 

Bupati mengungkapkan, kegiatan Mini Konser SEVEN ini sengaja dilaksanakan rutin agar jadi agenda anak muda Cianjur menuangkan kreativitas mereka. Remaja bebas mementaskan unjuk kabisa mereka, selama itu positif dan bermanfaat meningkatkan kualitas keahliannya.

 

“Ada yang menampilkan sastra berupa puisi, bernyanyi, silat, hingga kesenian lainnya. Disini memang tempatnya, sehingga kawula muda nantinya bisa berkesenian tidak terbatas ruang. Pemerintah hanya memfasilitasi saja, kalau teknisnya biar mereka kerjakan sendiri,” katanya. 

 

Sementara itu, Dosen Universitas Suryakencana,  Yudi Junadi mengaku, kegiatan ini menjadi tempat positif yang bisa dimanfaatkan kelompok remaja di Cianjur untuk saling unjuk kabisa. Remaja di Cianjur terkenal dengan berkeseniannya, sehingga patut diberi wadah dan ruang yang lebih bebas.

 

“Kegiatan ini juga, diharapkan dapat meminimalisir adanya gerakan remaja yang negatif seperti geng motor dan perilaku lainnya. Kegiatan positif akan menangkal tindakan remaja dalam hal lainnya, seperti mengkonsumsi narkoba dan Minuman Keras (Miras),” paparnya.

 

Ketua Tim Kreatif,  Bayu Ramadhan Apriyana menjelaskan,  rangkaian kegiatan ini sudah yang ke tiga kalinya, menyugguhkan konsep moderen dan  traditional, dikemas semenarik mungkin untuk menghibur masyarakat Cianjur. 

 

"Kegiatanya menjadi rutinan setiap tanggal tujuh di setiap bulan, sesuai dengan keinginan bupati Cianjur. Kegiatan ini menjadi tempat ajang pertunjukannya komunitas talenta anak muda Cianjur, " ujar Bayu.

 

Lanjut dia,  dari rangkaian setiap bulannya pihaknya akan menyediakan even besar untuk sejumlah talenta terbaik yang digelar satu tahun sekali.  Untuk penjagaan Taman pihaknya menyediakan tim pengamanan taman, agar taman bisa hidup dengan fungsi yang berbeda dari sebelumnya. 

 

"Jadi sekarang, tempat ini menjadi Taman Kreatifnya anak muda Cianjur yang berada di luar ruangan. Dengan kegiatan ini anak muda sangat antusias ikut memeriahkan dan bakat,  keahliannya bisa lebih dihargai dan bisa disaksikan oleh semua kalangan," paparnya.

 

Bahkan untuk semakin memeriahkan pihaknya bekerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat yang datang bisa mendapatkan layanan wifi gratis.  Untuk tema setiap bulan menurutnya akan disesuaikan dengan kalangan muda, sehingga kegiatan seperti olahraga,  seni dan lainnya bisa ditampilkan.

 

"Harapannya, mini concert ini jadi ajang remaja berkreasi dan menghasilkan talenta yang mampu mengharumkan nama baik cianjur dikancah internasional. Cianjur memiliki talenta berkesenian, namun kurang begitu diperhatikan. Sekarang ada wadah yang bisa dijadikan media asah kabisa bagi remaja,” jelasnya.

 

Tim Pelaksana Kegiatan , Ega menjelaskan apresiasi anak muda untuk kegaitan ini bisa diartikan sebagai tempat mewadahi potensi dan skill anak muda Cianjur dari berbagai bidang. 

 

"Konsepnya kan tradisional dan modern digabungakan di kemas semenarik mungkin.  Sanggat Bagus untuk anak muda dengan seperti ini anak muda Cianjur lebih terfasilitasi  dan mampu mengembangkan bakat dan kemampuanya lebih baik lagi, " tandasnya. (ree)

Komentar