Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

MengenaI Istana Presiden Cipanas, Tempat Bekerja Presiden Indonesia

Bisri Mustofa

Sabtu, 08 Oktober 2016 - 13:00 WIB

NET/Istana Presiden Cipanas
NET/Istana Presiden Cipanas
A A A

BERITACIANJUR.COM - Istana Kepresidenan Cipanas ini merupakan istana kepresidenan ketiga, setelah Istana Negara Jakarta dan Istana Kepresidenan Bogor. Satu lagu Istana Kepresidenan Tampak Siring Bali. Istana di daerah Cianjur ini dikenal dengan Istana Cipanas oleh masyarakat Indonesia maupun pejabat dikalangan pemerintahan. Lokasinya yang berada di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur menjadikan istana ini dikenal Istana Cipanas.

Istana Kepresidenan, terletak di kaki Gunung Gede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tepatnya lebih kurang 103 km dari Jakarta kea rah Bandung melalui jalur Puncak Pass. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, namun sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Selebihnya dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias yang asri, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil (larangan).

Kata "Cipanas" berasal dari bahasa Sunda, yaitu ci atau cai yang berarti "air" dan panas yang berarti "panas". Daerah ini dinamakan Cipanas karena di tempat ini terdapat sumber air panas alami, yang mengandung belerang, dan yang kebetulan berada di dalam kompleks istana Cipanas. Sehingga tidak diperuntukan untuk umum. Masyarakat atau siapun bisa mandi di Istana Cipanas, syaratnya cukup gampang, yakni menjadi Presiden RI atau menjadi keluarga Presiden terlebih dahulu.

Bangunan

Sebenarnya bangunan induk istana ini pada awalnya adalah milik pribadi seorang tuan tanah Belanda yang dibangun pada tahun 1740. Sejak masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff bangunan ini dijadikan sebagai tempat peristirahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Dibagian bawah istana terdapat ruang bawah tanah dan gudang tempat menyimpan barang-barang koleksi Istana serta tempat bekerja pengelola Istana.

Gedung Induk Istana Cipanas, sesuai dengan fungsinya terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, ruang kerja, ruang rias, ruang makan, dan serambi belakang. Secara khusus, ruang tamunya berupa bangunan panggung yang berlantaikan kayu.

Beberapa bangunan yang terdapat di dalam kompleks ini antara lain Paviliun Yudhistira, Paviliun Bima dan Paviliun Arjuna yang dibangun secara bertahap pada 1916. Penamaan ini dilakukan setelah Indonesia Merdeka, oleh Presiden Sukarno. Di bagian belakang agak ke utara terdapat "Gedung Bentol", yang dibangun pada 1954, yang merupakan ruang pribadi Presiden Sukarno untuk  membuat tulisan maupun lukisan sambil melihat panorama dan megahnya Gunung Gede. Sedangkan dua bangunan terbaru yang dibangun pada 1983 adalah Paviliun Nakula dan Paviliun Sadewa.

Di dalam gedung ini terdepat sejumlah lukisan dari para pelukis ternama Indonesia maupun luar negeri, seperti Bsuki Abdullah. Setiap ruangan di Istana ini dilengkapi dengan perabot yang terbuat dari kayu. Di Istana ini tersimpa berbagai koleksi ukiran Jepara dan lukisan dari maestro seni lukis Indonesia seperti Basuki Abdullah, Dullah Sujoyo, dan Lee Man Fong.

Semua lukisan ini merupakan koleksi Sukarno yang tertata rapi menempel di setiap dinding. Bahkan ada beberapa lukisan yang harganya diatas untuk kendaraan sejenis Alphard.

Dalam salah satu ruangan, tepatnya di salah satu dinding lorong utama Gedung Induk, dipajang sebuah lukisan karya Soejono D.S, yang dibuatnya pada tahun 1958, dikenal dengan nama Jalan Seribu Pandang. Nama tersebut diabadikan kepada lukisan itu karena keistimewaannya, yaitu bahwa dari arah manapun, lukisan itu menarik dipandang mata. Lukisan Jalan Seribu Pandang judul aslinya adalah Jalan Menuju Kaliurang. Lukisan ini sangat spesial karena diminta langsung oleh Presiden Soekarno. Dan setelah melukis lukisan ini, pelukis tersebut tidak bisa melukis sebagus ini dengan obyek yang sama. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.