Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Atasi Krisis Air, Desa Nanggalamekar Bangun Irigasi

Apip Samlawi

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 10:36 WIB

apip samlawi/'BC'
apip samlawi/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIRANJANG. – Pemerintah Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Cianjur membangun irigasi sekunder sepanjang 400 meter. Pembangunan ini diharapkan mampu membantu ketersediaan air bagi lahan pertanian.

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Pemdes Nanggalamekar mulai mengerjakan pembangunan irigasi sekunder dengan panjang saluran sepanjang 1000 meter. Bangunan irigasi yang sumber dananya berasal dari APBN ini diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan tentang pengairan bagi lahan pertanian serta mampu mengatasi masalah ketersediaan air bagi masyarakat untuk kepentingan lainnya.

Kepala Desa Nanggalamekar, Endang Dahlan, menjelaskan, selama ini, saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik karena sempat tertutup longsoran tanah yang berasal dari pinggir saluran serta tertutup sampah pertanian.

“Irigasi sekunder yang melintas di Desa Nanggalamekar ini sepanjang 1000 meter, pelaksanaan pembangunannya dikerjakan pihak rekanan, sementara pihak desa hanya penerima manfaat.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkab Cianjur, Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat yang telah peduli terhadap nasib para petani Desa Nanggalamekar. “Semoga saja kedepannya para petani di Desa Nanggalamekar lebih maju dan mendapat kesejahteraan," harapnya.

Seorang petani setempat, Ikin (50) menyambut gembira atas pembangunan tersebut. Ia berharap aliran air lancar mengairi areal pertanian. Selama ini, diakui dia, pengerjaan pembangunan irigasi sudah lama diharapkan petani.

Ikin melanjutkan, kualitas material yang diterapakn pada pembangunan irigasi ini bisa dikatakan cukup baik, mulai dari material pasir dan batu pecah terlihat layak dipergunakan, semoga saja bangunan irigasi itu bisa bertahan lama.

"Saat penembokan irigasi  pihak rekanan memberlakukan kearipan lokal, dengan melibatkan para pekerja kasar, seperti para tukang tembok yang  memperkerjakan warga setempat," ujarnya. (ft)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.