Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:50

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Atasi Krisis Air, Desa Nanggalamekar Bangun Irigasi

Oleh: Apip Samlawi - Sabtu 29 Agustus 2015 | 10:36 WIB

Atasi Krisis Air, Desa Nanggalamekar Bangun Irigasi

apip samlawi/'BC'

BERITACIANJUR.COM, CIRANJANG. – Pemerintah Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Cianjur membangun irigasi sekunder sepanjang 400 meter. Pembangunan ini diharapkan mampu membantu ketersediaan air bagi lahan pertanian.

 

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Pemdes Nanggalamekar mulai mengerjakan pembangunan irigasi sekunder dengan panjang saluran sepanjang 1000 meter. Bangunan irigasi yang sumber dananya berasal dari APBN ini diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan tentang pengairan bagi lahan pertanian serta mampu mengatasi masalah ketersediaan air bagi masyarakat untuk kepentingan lainnya.

 

Kepala Desa Nanggalamekar, Endang Dahlan, menjelaskan, selama ini, saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik karena sempat tertutup longsoran tanah yang berasal dari pinggir saluran serta tertutup sampah pertanian.

 

“Irigasi sekunder yang melintas di Desa Nanggalamekar ini sepanjang 1000 meter, pelaksanaan pembangunannya dikerjakan pihak rekanan, sementara pihak desa hanya penerima manfaat.

 

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkab Cianjur, Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat yang telah peduli terhadap nasib para petani Desa Nanggalamekar. “Semoga saja kedepannya para petani di Desa Nanggalamekar lebih maju dan mendapat kesejahteraan," harapnya.

 

Seorang petani setempat, Ikin (50) menyambut gembira atas pembangunan tersebut. Ia berharap aliran air lancar mengairi areal pertanian. Selama ini, diakui dia, pengerjaan pembangunan irigasi sudah lama diharapkan petani.

 

Ikin melanjutkan, kualitas material yang diterapakn pada pembangunan irigasi ini bisa dikatakan cukup baik, mulai dari material pasir dan batu pecah terlihat layak dipergunakan, semoga saja bangunan irigasi itu bisa bertahan lama.

 

"Saat penembokan irigasi  pihak rekanan memberlakukan kearipan lokal, dengan melibatkan para pekerja kasar, seperti para tukang tembok yang  memperkerjakan warga setempat," ujarnya. (ft)

Komentar