Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Atasi Krisis Air, Desa Nanggalamekar Bangun Irigasi

Apip Samlawi

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 10:36 WIB

apip samlawi/'BC'
apip samlawi/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIRANJANG. – Pemerintah Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Cianjur membangun irigasi sekunder sepanjang 400 meter. Pembangunan ini diharapkan mampu membantu ketersediaan air bagi lahan pertanian.

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Pemdes Nanggalamekar mulai mengerjakan pembangunan irigasi sekunder dengan panjang saluran sepanjang 1000 meter. Bangunan irigasi yang sumber dananya berasal dari APBN ini diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan tentang pengairan bagi lahan pertanian serta mampu mengatasi masalah ketersediaan air bagi masyarakat untuk kepentingan lainnya.

Kepala Desa Nanggalamekar, Endang Dahlan, menjelaskan, selama ini, saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik karena sempat tertutup longsoran tanah yang berasal dari pinggir saluran serta tertutup sampah pertanian.

“Irigasi sekunder yang melintas di Desa Nanggalamekar ini sepanjang 1000 meter, pelaksanaan pembangunannya dikerjakan pihak rekanan, sementara pihak desa hanya penerima manfaat.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkab Cianjur, Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat yang telah peduli terhadap nasib para petani Desa Nanggalamekar. “Semoga saja kedepannya para petani di Desa Nanggalamekar lebih maju dan mendapat kesejahteraan," harapnya.

Seorang petani setempat, Ikin (50) menyambut gembira atas pembangunan tersebut. Ia berharap aliran air lancar mengairi areal pertanian. Selama ini, diakui dia, pengerjaan pembangunan irigasi sudah lama diharapkan petani.

Ikin melanjutkan, kualitas material yang diterapakn pada pembangunan irigasi ini bisa dikatakan cukup baik, mulai dari material pasir dan batu pecah terlihat layak dipergunakan, semoga saja bangunan irigasi itu bisa bertahan lama.

"Saat penembokan irigasi  pihak rekanan memberlakukan kearipan lokal, dengan melibatkan para pekerja kasar, seperti para tukang tembok yang  memperkerjakan warga setempat," ujarnya. (ft)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14 menit yang lalu

Ini Pemborosan dan Penyelewengan Anggaran

PENGAKUAN Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan bahwa dirinya dan pejabat Pemkab Cianjur lainnya termasuk bupati, menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan…

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Bisnis Line 10 jam yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 24 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 22/05/2018 06:05 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 22/05/2018 06:03 WIB

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 22/05/2018 06:00 WIB

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.