Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:37

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

entertainment

Kartun Project, Hadirkan Perpaduan Musik Modern

Oleh: Bisri Mustofa - Jumat 14 Oktober 2016 | 12:00 WIB

Kartun Project, Hadirkan Perpaduan Musik Modern

BC/Istimewa

BERITACIANJUR.COM - Grup musik yang mengedepankan seni tradisional belakangan kembali menggeliat. Sebagai upaya melestarikan budaya, grup musik seperti itu patut diapresiasi.

 

Salah satu grup musik yang terbilang baru lahir dari Karangtaruna Cianjur. Karangtaruna atau Kartun Project sebuah kelompok musik yang menggabungkan antara musik modern dengan musik tradisional.  Seperti DJ dengan kacapi, suling, gendang dan alat musik lainnya. Meski baru seumur jagung, Kartun Project ini keberadaannya mulai dikenal.

 

Kelompok musik ini lahir dengan tujuan untuk tetap melestarikan dan mengenalkan musik-musik tradisional, kontemporer dan modern kepada khalayak khususnya masyarakat Cianjur.

 

Di era digital seperti sekarang, Cianjur dengan tiga pilar budayanya,  khususnya seni Mamaos Cianjuran harus tetap langgeng dan dilestarikan , sementara di sisi lain musik musik mainstream terus bermunculan. “Oleh karena itu, Kartun Project menawarkan konsep baru yang lebih segar dan akomodatif dengan jenis alat musik dan musik yang bergenre mainstream (modern),” papar Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Muhammad Ronny Setiawan saat dihubungi di Cipanas, Kamis (13/10/2016)

 

Selain itu, kata Ronny,  Kartun Project juga mempunyai suguhan lain yang dikemas secara jenaka yang diberi nama "Kacapi Bodor". " Kacapi Bodor ini sudah diminta beberapa kali tampil dalam berbagai acara, baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat umum. “Alhamdulillah kami dapat dipercaya oleh masyarakat dan pemerintah daerah untuk tampil dalam setiap momen tertentu,” paparnya.

 

Sementara itu, Manager Kartun Project, Ayi Suhendri memaparkan, Karang Taruna Kabupaten Cianjur mempunyai kewajiban secara moral untuk terus mengawal dan melestarikan kesenian Sunda. Karena itu, melalui Kartun Project ini adalah salah satu bukti konkret Karang Taruna dalam menerjemahkan  idealisme tersebut. 

 

“Kami selalu ada ditengah-tengah anda, butuh kami dalam berbagai acara apapun yang anda selenggarakan, kami bisa menghibur anda dengan tetap membawa misi seni Mamaos Cianjuran, bila berminat hubungi nomor /WA: 085864941181 email: kartunproject@gmail.com dan BBM D39FA50D," jelasnya. (bis)

Komentar