Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Kebun Raya Cibodas Sebagai "Surga Dunia"

Bisri Mustofa

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 10:00 WIB

Kebun Raya Cibodas. (Foto : wisatacibodas.com)
Kebun Raya Cibodas. (Foto : wisatacibodas.com)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Objek wisata yang ada di Kawasan Wisata Cipanas (KWC)sepertinya masih menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, rekan kerja. Kali ini objek wisata yang selalu banyak dikunjungi di KWC adalah Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan Kebun Raya Cibodas salah satu tujuan wisata utama di KWC.

Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

Kebun Raya Cibodas yang terletak dikaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur iniberada di ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini.

Sejarah Kebun Raya Cibodas menurut beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas. Uniknya setiap tanggal 11 April, Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi Anda yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas pada setiap tanggal 11 April.

Yang Menarik dari Kebun Raya Cibodas, selain keindahan dan kesejukan alamnya, karena Kebun Raya ini termasuk Botanical Garden, sehingga Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya yang banyak sekali jenis dan variannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.

Jika Anda berkunjung ke rumah kaca yang ada di kebun Raya Cibodas, anda bisa melihat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Luar biasa bukan?

Beberapa lokasi yang paling diminati pengunjung selain rumah kaca (green house) adalah Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau dan yang paling penting semuanya terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan menyejukkan. Sangat cocok sebagai liburan keluarga atau kumpul komunitas. Dan tak lupa disana pun ada tempat menyewa kuda, sehingga Anda bisa menikmati keindahannya sambil berkuda. (bis)

Keindahan Kebun Raya Cibodas

Untuk merasakan keindahan Kebun Raya Cibodas yang sangat terkenal ini, anda harus mengunjunginya langsung. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, anda harus menempuh jaraknya sekitar 85 kilometer dari Jakarta. Atau, sekitar 90 menit perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur sampai ke pertigaan Cimacan (Cibodas). Nah dari sana tinggal belok ke arah Kebun Raya yang jaraknya kurang lebih 4 kilometer lagi.

Bagi anda yang menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan jasa angkutan kota (angkot) jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas yang dengan mudah bisa Anda temukan di persimpangan Cimacan atau dari terminal dan pasar Cipanas.

Berbicara fasilitas yang ada di Kebun Raya Cibodas, anda tidak perlu khawatir. Kebun Raya Cibodas sebagai tujuan wisata keluarga dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan anda. Mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda.

Jadi tunggu apalagi, segera berkunjung ke Kebun Raya Cibodas dan nikmati keindahan alam yang tak akan mudah terlupakan  dan tidak pernah ada ditempat lain. Selama berwisata! (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…