Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:31

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Kebun Raya Cibodas Sebagai "Surga Dunia"

Oleh: Bisri Mustofa - Sabtu 15 Oktober 2016 | 10:00 WIB

Kebun Raya Cibodas Sebagai

Kebun Raya Cibodas. (Foto : wisatacibodas.com)

BERITACIANJUR.COM - Objek wisata yang ada di Kawasan Wisata Cipanas (KWC)sepertinya masih menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, rekan kerja. Kali ini objek wisata yang selalu banyak dikunjungi di KWC adalah Kebun Raya Cibodas.

 

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan Kebun Raya Cibodas salah satu tujuan wisata utama di KWC.

 

Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

 

Kebun Raya Cibodas yang terletak dikaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur iniberada di ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini.

 

Sejarah Kebun Raya Cibodas menurut beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

 

Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas. Uniknya setiap tanggal 11 April, Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi Anda yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas pada setiap tanggal 11 April.

 

Yang Menarik dari Kebun Raya Cibodas, selain keindahan dan kesejukan alamnya, karena Kebun Raya ini termasuk Botanical Garden, sehingga Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya yang banyak sekali jenis dan variannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.

 

Jika Anda berkunjung ke rumah kaca yang ada di kebun Raya Cibodas, anda bisa melihat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Luar biasa bukan?

 

Beberapa lokasi yang paling diminati pengunjung selain rumah kaca (green house) adalah Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau dan yang paling penting semuanya terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan menyejukkan. Sangat cocok sebagai liburan keluarga atau kumpul komunitas. Dan tak lupa disana pun ada tempat menyewa kuda, sehingga Anda bisa menikmati keindahannya sambil berkuda. (bis)

 

Keindahan Kebun Raya Cibodas

Untuk merasakan keindahan Kebun Raya Cibodas yang sangat terkenal ini, anda harus mengunjunginya langsung. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, anda harus menempuh jaraknya sekitar 85 kilometer dari Jakarta. Atau, sekitar 90 menit perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur sampai ke pertigaan Cimacan (Cibodas). Nah dari sana tinggal belok ke arah Kebun Raya yang jaraknya kurang lebih 4 kilometer lagi.

 

Bagi anda yang menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan jasa angkutan kota (angkot) jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas yang dengan mudah bisa Anda temukan di persimpangan Cimacan atau dari terminal dan pasar Cipanas.

 

Berbicara fasilitas yang ada di Kebun Raya Cibodas, anda tidak perlu khawatir. Kebun Raya Cibodas sebagai tujuan wisata keluarga dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan anda. Mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda.

 

Jadi tunggu apalagi, segera berkunjung ke Kebun Raya Cibodas dan nikmati keindahan alam yang tak akan mudah terlupakan  dan tidak pernah ada ditempat lain. Selama berwisata! (bis)

Komentar