Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

6 Cara Melatih Otak Jadi Lebih Cerdas

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 19 Oktober 2016 - 11:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANUR.COM - Kita semua pasti ingin memiliki otak yang cerdas dan tanggap, karena hal ini akan membantu memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun bagaimana jika kemampuannya terasa mulai berkurang?

Dilansir dari laman Liputan6, Rabu (19/10/2016), berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membuat otak lebih cerdas, seperti:

1. Tutup mata Anda

Misalnya ketika sedang mandi, coba tutup mata Anda dan cari barang-barang seperti sampo, sabun, atau spons mandi dengan mata tertutup. Kegiatan ini akan melatih otak Anda untuk lebih bekerja.

“Bahkan, melakukan apapun dengan mata tertutup adalah cara mudah untuk meningkatkan fokus dan memori Anda. Kegiatan ini juga akan meningkatkan indera tubuh,” ujar Ron White, peserta yang berhasil menyabet dua kali gelar kemenangan di acara USA Memory Champisonship.

2. Menari

Gerakan menari tidak hanya mengaktifkan otak kecil-bagian dari otak yang mengatur pemikiran dan memutuskan sesuatu- namun juga menghasilkan brain-derived neurotrophic factor (BDNF), protein yang membantu neuron otak berkomunikasi lebih efektif.

“Menari merupakan interaksi sosial yang akan membantu sistem saraf. Kegiatan ini juga melibatkan fisik yang akan memompa oksigen ke jantung, memberi nutrisi ke sel-sel otak, serta membantu Anda belajar mengkoordinasikan tubuh,” ujar direktur dari UCLA’s Longevity Center, Gary Small, MD.

3. Gunakan tangan yang bukan dominan

Jika Anda biasanya melakukan segala sesuatu menggunakan tangan kanan atau tangan kiri (jika kidal), coba gunakan tangan yang tidak dominan untuk melakukan hal-hal tersebut. Kegiatan ini akan memaksa otak untuk kembali mempelajari aktivitas yang sama namun dengan cara yang baru.

“Ketika Anda menggunakan tangan non-dominan, maka otak harus mengaktifkan dan melibatkan berbagai areanya. Ini akan memberikan ingatan baru dan jaringan baru pada otak Anda,” kata profesor bedah saraf di Vanderbilt Medical Center, Allen Sills, M.D.

4. Mempelajari hal baru

“Ketika melatih mental, sangat penting untuk melakukan hal-hal di mana otak Anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Karena, mempelajari berbagai hal yang berbeda, akan melatih otak Anda," ujar seorang peneliti pencitraan otak, Daniel Amen MD.

5. Pergi ke mall

Walaupun berbelanja bisa mengurangi sedikit uang Anda, namun kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang mengejutkan pada otak Anda.

“Ketika sedang berbelanja, Anda melakukan aktivitas mental dan fisik, seperti berjalan, bertemu orang lain, hingga membuat perhitungan harga. Setiap aktivitas tersebut akan menstimulasi berbagai bagian yang berbeda di otak Anda dan memberikan efek lintas-pelatihan,” ujar Dr. Small.

6. Belajar sulap

Menurut studi 2013 dalam jurnal Nature, mempelajari sulap akan menumbuhkan jaringan abu-abu (gray matter) dalam otak Anda. Karena temuan mereka menunjukkan, setelah para peserta melakukan latihan sulap selama tiga bulan, otak mereka menunjukkan peningkatan gray matter di bagian pertengahan-temporal dan intra-parietal sulcus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab pada aktivitas visual dan motorik. Sehingga kegiatan ini akan membuat otak pun semakin cerdas. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?