Jumat, 26 Mei 2017 - Pukul 03:08

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Pemdes Karangwangi Transparan Terapkan Anggaran Pembangunan

Oleh: Apip Samlawi - Jumat 21 Oktober 2016 | 11:00 WIB

Pemdes Karangwangi Transparan Terapkan Anggaran Pembangunan

Nana S Suryadana, Kepala Desa Karangwangi

BERITACIANJUR.COM - Transparansi dan keterbukan menjadi salah satu hal utama yang dikedepankan Pemerintahan Desa Karawangwangi, Kecamatan Ciranjang dalam menerapkan anggaran bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

 

“Kebersamaan, tranparansi dan keterbukaan memang menjadi fokus kami, sehingga masyarakat bisa tahu apa saja kegiatan yang dilakukan,” ujar Kepala Desa Karangwangi,  Nana S Suryadana belum lama ini.

 

Khusus bantuan dana desa tahap pertama tahun 2016, diterapkan untuk pengaspalan jalan desa. Begitu juga dengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang seluruhnya tertera secara jelas pada baligho yang dipasang diluar kantor desa agar terlihat seluruh warga desa setempat dan warga desa lain.

 

“Seluruhnya diterapakan dengan cara transparan dan terbuka, karena merupakan dana titipan serta amanah dari pemerintah,” katanya.

 

Dirinya menegaskan,  langkah pihaknya memasang baligho berisikan penggunaan anggaran bantuan di luar kantor desa untuk memudahkan dalam menjawab pertanyaan dari warga.

 

“Kalau ada warga penasaran ingin tahu penerapan seluruh dana bantuan pemerintah, tinggal lihat baligho yang dipajang di dinding aula desa,” katanya.

 

Sementara itu, Rencana Pembangunan JangkaMenengah Desa (RPJMDes) tahun 2017 dalam waktu dekat segera di musyawarahkan dengan seluruh warga Desa Karangwangi. Berdasarkan hasil musdus, usulan seluruh warga hampir mayoritas mengarah pada pembangunanInfrastruktur.

 

Seperti pembangunan jalan desa, Tembok Penahan Tanah (TPT)  saluran irigasi, melanjutkan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR), Kamban desa, Ambulance, pembangunan Posyandu dan membangun sanitasi air.

 

“Semoga saja pada Musdes nanti seluruh perencanaan tersebut bisa terealisasikan pada pembangunan yang akan datang. Karena seluruh ajuan masyarakat tersebut  sangat penting dan mendesak,” harapnya. (bis)  

Komentar