Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Immatul Maisaroh, Eks PRT yang Jadi Anggota Penasehat Barack Obama

Angga Purwanda

Jumat, 21 Oktober 2016 - 21:59 WIB

Foto: BC/Angga Purwanda
Foto: BC/Angga Purwanda
A A A

BERITACIANJUR.COM - Bagi masyarakat yang mengikuti proses pemilihan Presiden Amerika Serikat, di layar televisi dalam beberapa waktu terakhir, mungkin sudah mengetahui sosok Immatul Maisaroh, merupakan warga Negara Indonesia yang terpilih menjadi satu di antara para penasehat Presiden Barack Obama.

Ya, perempuan asal Dusun Krajan RT 24 RW 3, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kabupaten Cianjur, pada Jumat (21/10/2016).

Dalam kunjungannya tersebut, Immatul Maisaroh berkesempatan untuk menyampaikan pengalaman hidupnya yang dianggapnya sebagai sebuah keajaiban, sebab dapat terpilih sebagai satu di antara penasehat pemimpin Negara adi daya (Amerika Serikat, red), Barack Obama.

Immatul menceritakan, berawal dari kisah perjodohannya dengan lelaki yang tak dicintainya di kampung halamannya, pada tahun 1996, dirinya memutuskan untuk kabur dari kampungnya di Malang, Jawa Timur dan lebih memilih buat bekerja ke luar negeri.

"Namanya juga perjodohan, dan pernikahan saya tak berlangsung lama," ucap Immatul, saat ditemui awak media di Kantor P2TP2A Kabupaten Cianjur, Jumat (21/10/2016) siang.

Tepatnya, di tahun 1997 untuk kali pertamanya, Immatul Maisaroh menginjakan kakinya di Negara Paman Sam (Amerika) itu. Di Negara itu, dirinya mencoba merubah nasib dengan menjadi seorang pembantu rumah tangga (PRT), tepatnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Bekerja disalah satu keluarga di Amerika, Immatul pun dijanjikan mendapatkan gaji sebesar 150 US$. Namun, selama tiga tahun bekerja bukannya mendapatkan hasil yang baik, dirinya kembali mendapatkan pengalaman buruk. Setelah sang majikan tempat di mana dirinya bekerja, memperlakukannya secara tak manusiawi.

"Jangankan mendapatkan gaji, justru saya mendapat perlakukan buruk dari majikan saya. Mulai perlakuan kasar dan pemukulan, saya dapatkan saat bekerja sebagai pembantu rumah tangga," ungkapnya.

Namun, kembali mendapatkan pengalaman buruk dalam hidupnya tak menjadikan perempuan bertubuh mungil ini jatuh dan kecewa. Dirinya memutuskan untuk kembali bangkit. Immatul mencoba untuk bergabung dengan salah satu organisasi nirlaba yang ada di Negara itu, yaitu Coalition to Abolish Slavery and Trafficking (CAST).

CAST merupakan organisasi yang menolong Immatul, untuk kabur dari siksaan majikannya. Dalam organisasi itu, Immatul bertugas sebagai koordinator bagi para korban perbudakan dan perdagangan manusia.

Tepatnya di tahun 2012, berkat keaktifannya di organisasi itu, dirinya pun ditunjuk oleh Presiden Barack Obama untuk menjadi anggota gugus tugas untuk pemantauan, dan pemberantas perdagangan manusia (PITF).

"Di tahun 2012, menjadi awal baik bagi kehidupan saya, dimana saya ditunjuk untuk menjadi anggota disalah satu gugus tugas yang menangani korban perbudakan dan perdagangan manusia," ucap Immatul.

Hingga akhirnya, tepatnya pada Desember 2015, Immatul berkesempatan terpilih oleh Presiden Barack Obama menjadi satu di antara 11 anggota penasehat orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

"Namun, prosesnya tidak mudah. Saya harus mengikuti seleksi yang sangat ketat dan prosesnya sangat private. Tugas saya memberikan beberapa masukan atau nasehat untuk pemerintah atau Presiden Barack Obama," pungkasnya. (rus)

Baca Juga : Staf Obama Kunjungi Pendopo

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…