Senin, 29 Mei 2017 - Pukul 14:40

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Udara Dingin Bikin Nafsu Makan Bertambah?

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Selasa 01 Nopember 2016 | 18:00 WIB

Udara Dingin Bikin Nafsu Makan Bertambah?

NET/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Ketika sedang berdiet, tentunya orang berharap untuk bisa menekan nafsu makan mereka. Namun seringkali mereka tak sadar bahwa nafsu makan bisa dipengaruhi oleh banyak hal dan faktor yang tak mereka ketahui. Meski sudah menjaga pola makan dengan baik dan melakukan olahraga, diet akan tetap terasa sulit jika Anda tak bisa mengontrol nafsu makan.

 

Lisa Young, Ph.D. R.D, penulis buku The Portion Teller Plan menjelaskan bahwa nafsu makan bisa bertambah karena hal-hal yang tak diperhatikan dan terlihat remeh. Berikut adalah hal tak terduga yang ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan menjadi penghalang untuk diet Anda, seperti dilansir oleh Women's Health Mag.

 

1. Pendingin ruangan
Pendingin ruangan (AC) saat ini sudah digunakan di banyak tempat. Kantor, sekolah, rumah, bahkan di kamar tidur. Tak banyak yang mengetahui bahwa pendingin ruangan juga bisa meningkatkan nafsu makan. Ini karena orang cenderung makan lebih banyak di suhu yang dingin. Young menjelaskan bahwa orang akan terpicu untuk makan lebih banyak di suhu dingin agar bisa mempertahankan kehangatan tubuh dan menjaga tubuh tetap hangat. Jika tak diperlukan, sebaiknya jangan terlalu sering memakai pendingin ruangan. Buka saja jendela Anda dan dapatkan udara segar.

 

2. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama anti-depresan. Reaksi obat bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum obat anti-depresan memang bisa membuat nafsu makan bertambah. Sebelum mengonsumsi obat, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu pada dokter mengenai efek sampingnya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan jika obat tersebut meningkatkan rasa lapar.

 

3. Suplemen
Seperti halnya obat-obatan, suplemen juga bisa mempengaruhi seseorang. Beberapa jenis suplemen bisa meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Jika Anda ingin mencobanya, coba kontrol tingkat lapar Anda setiap kali mengonsumsi suplemen. Apakah nafsu makan berubah? Jika iya, kemungkinan hal itu disebabkan oleh suplemen yang Anda konsumsi.

 

4. Mengubah rutinitas olahraga
Mengubah rutinitas olahraga sekali-kali memang tidak berbahaya. Namun berhati-hatilah karena mengubah rutinitas olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan. Begitu juga ketika Anda mencoba olahraga jenis baru dan berbeda dari yang pernah Anda lakukan. Jika Anda sedang berdiet dan tidak ingin memiliki nafsu makan yang tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering mengubah rutinitas olahraga.

 

Itulah beberapa hal tak terduga yang bisa meningkatkan nafsu makan Anda. Jika tak ingin nafsu makan bertambah,sebaiknya perhatikan hal-hal di atas. Jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat dan suplemen. (merdeka.com)

Komentar