Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:45

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Taman Bunga Nusantara, Taman Sejuta Aroma

Oleh: cr1 - Sabtu 05 Nopember 2016 | 14:00 WIB

Taman Bunga Nusantara, Taman Sejuta Aroma

Taman Bunga Nusantara (Foto : duniatravel.co.id)

BERITACIANJUR.COM - Akhir pekan sudah tiba, waktunya bagi anda mengajak keluarga dan kerabat untuk berlibur menikmati indahnya panorama alam pegunungan dengan udara yang sejuk. Objek wisata Taman Bunga Nusantara, bisa menjadi salah satu destinasi bagi anda untuk menghabiskan hari libur ini.

 

Terletak di Jalan Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, taman seluas kurang lebih 35 hektar yang berada di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut dengan suhu 20-26’ celcius ini menawarkan pemandangan indah membentang ratusan varietas tanaman berbunga dari seluruh dunia. 

 

Tidak hanya itu, terdapat sekitar 7 hektar taman bermain anak alam imajinasi, 2 hektar untuk lahan pembibitan, villa, restoran dan ruang pertemuan. Terdapat juga beberapa lokasi yang bisa anda kunjungi, seperti rumah kaca gaya Belanda, taman khusus, Danau Angsa, Menara Pandang, Bangunan Pintu Masuk Utama/Plaza Utama, Jam Taman Raksasa, Candi Bentar, Bale Kul Kul dan Patung Dewa Umat Hindu, Nursery/Lokasi pembibitan, Air Mancur Musikal, Aneka Topiari serta Display Karpet Bunga.

 

Dikutip dari laman situs www.tamanbunga-nusantara.com, keberadan Taman Bunga Nusantara diprakarasi oleh Ibu Dani Bustanul Arifin sekaligus Ketua Yayasan Bunga  Nusantara yang pembangunannya dimulai tahun 1993. Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata  berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional. 

 

Kemashuran Yayasan Bunga Nusantara dalam melakukan pengembangan di bidang bunga telah dikenal dunia sejak keikutsertaannya dalam parade kendaraan hias Tournament of Roses di Pasadena, California.  Dalam keikutsertaannya selama lima tahun, Yayasan Bunga Nusantara selalu memperoleh penghargaan atas karya-karyanya.

 

Disinilah timbul keinginan untuk membuat taman bergaya internasional yang keberadaannya akan diakui oleh masyarakat internasional. 

 

Untuk merayakan pembukaan akbar dan memperingati 50 tahun kemerdekaan Indonesia, Presiden Soeharto memimpin upacara pembukaan Taman Bunga Nusantara pada tanggal 10 September 1995 serta menandatangani sebuah batu peringatan di Taman Bunga Nusantara, sementara Ibu Tien Soeharto (alm) meresmikan penggunaan Menara Pandang setinggi 28 meter.

 

Taman Bunga Nusantara adalah tempat yang tepat sebagai sumber inspirasi bagi para pecinta taman amatir maupun profesional. Bagi keluarga yang mencari lingkungan yang indah, sehat, segar, dan penuh ketentraman jauh dari hingar bingar kehidupan kota, taman inilah yang menjadi tujuan utama. 

 

Bagi para fotografer yang menginginkan berbagai pilihan objek foto yang indah dan menawan. Begitupun bagi sinematografer, tempat ini dapat digunakan sebagai studio alam terbuka untuk berbagai shooting film, sinetron, dan lain - lain. Kiranya tidaklah berlebihan apabila Taman Bunga Nusantara menjadi tempat pertemuan bagi orang - orang dengan berbagai kepentingan.

 

Selain sebagai sarana rekreasi, dipakai pula sebagai kebun percobaan  dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara - negara beriklim dingin di Eropa, Amerika dan Australia. 

 

Sejak diresmikan tanggal 10 September 1995  sampai dengan akhir tahun 2010, Taman Bunga Nusantara telah dikunjungi oleh 5.976.403 pengunjung. Sampai saat ini dominasi wisatawan yang berkunjung adalah wisatawan domestik sebesar 96%, wisatawan Timur Tengah 2 %, wisatawan Eropa dan Amerika 1% dan wisatawan dari kawasan Asia sebesar 1%.


Guna menunjang penyampaian informasi kepada wisatawan domestik dan mancanegara Taman Bunga Nusantara telah menyiapkan brosur dalam 5 (lima) bahasa yaitu, bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab dan Jepang. (bis)

Komentar