Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tips Berlibur Tanpa Menghabiskan Seluruh Tabungan

Rifqi Dahwan Aziz

Minggu, 06 November 2016 - 08:23 WIB

Ilustrasi Liburan (Foto : Gettyimages)
Ilustrasi Liburan (Foto : Gettyimages)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Bisa berlibur dengan tenang dan nyaman tentu menjadi impian semua orang. Tapi apa jadinya jika setelah liburan uang tabungan Anda meleleh habis tak tersisa. Akibatnya, setelah liburan, Anda bukan memiliki semangat baru, tetapi justru mengalami kesulitan finansial.

Menurut Jay Broekman, Managing Director Halomoney.co.id, untuk berlibur di akhir tahun, Anda tidak perlu menguras seluruh isi tabungan Anda. Selama berlibur atau berada di luar negeri, Anda justru harus pintar-pintar menggunakan uangmu agar tidak tekor.

Jika anda ingin berlibur ke luar negeri dengan menggunakan uang tabungan yang telah susah payah kamu kumpulkan. Berikut ini tips keuangan dari Jay Broekman yang dikutip dari laman Liputan6, Minggu (6/11/2016).

Bijak dengan uang tabungan

Memang, banyak orang menabung untuk maksud tertentu yang berjangka pendek. Misalnya untuk berlibur ke luar negeri atau menonton konser band kesukaan di luar negeri. Setelah uang tabungan terkumpul, Anda dapat menggunakan uang tabungan itu sesuai dengan yang Anda rencanakan.

Tapi menghabiskan seluruh tabungan yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah untuk liburan bukan tindakan yang bijak. Sebaiknya kamu tetap mengalokasikan minimal 20 persen untuk tujuan yang lain. Misalnya untuk dana darurat selama Anda berlibur.

Setelah liburan selesai, jika dana darurat ini tidak digunakan, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain, seperti berinvestasi.

Membawa uang tunai secukupnya

Selama di luar negeri, sebaiknya Anda membawa uang tunai seperlunya saja. Uang tunai digunakan untuk membayar keperluan kecil di toko atau merchant kaki lima yang tak memiliki fasilitas pembayaran kartu kredit.

Misalnya, jika Anda berada di Singapura, lebih asyik jika sarapan pagi di kedai-kedai melayu yang ada di kawasan pertokoan. Sayangnya, kedai-kedai semacam ini tidak menyediakan mesin transaksi dengan kartu kredit, melainkan hanya dengan uang tunai.

Anda bisa menghitung sendiri kebutuhan uang tunai selama di luar negeri. Uang tunai ini disesuaikan dengan lamanya Anda berada di luar negeri. Semakin lama Anda berada di luar negeri, siapkan uang tunai lebih banyak.

Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit bisa menolong keuangan Anda sekaligus bisa sedikit berhemat. Antara lain Anda bisa mendapatkan diskon, voucher, atau poin reward, dari biro perjalanan wisata atau maskapai penerbangan saat Anda merencanakan liburan.

Selama di luar negeri, Anda sebaiknya tetap menggunakan kartu kredit untuk memudahkan Anda memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Penggunaan kartu kredit akan mengurangi risiko Anda berbertransaksi dengan memakai uang tunai. Jika toko atau merchant tempat Anda bertransaksi menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, sebaiknya Anda menggunakan fasilitas tersebut.

Hanya saja perlu dicatat, sebelum  menggunakan kartu kredit di luar negeri, Anda memiliki perkiraan transaksi yang dapat dilakukan dengan kartu kredit . Bijaklah menggunakan tabungan yang telah Anda kumpulkan untuk liburan Anda.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.