Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:59

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Risiko Mengenakan Sepatu Hak Tinggi

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Senin 07 Nopember 2016 | 20:30 WIB

Risiko Mengenakan Sepatu Hak Tinggi

Ilustrasi (stokpic/Pixabay)

BERITACIANJUR.COM - Sepatu hak tinggi dipercaya bisa mempercantik penampilan wanita pada umumnya. Namun akan terasa sakit dan bisa berdampak buruk pada tubuh bila dipakai selama berjam-jam.

 

Berikut ini pengaruh menggunakan sepatu hak tinggi pada berbagai bagian tubuh yang dilansir dari laman Liputan6, Senin (7/11/2016).

 

Lutut

Lutut adalah sendi terbesar dalam tubuh. Jika keseringan memakai hak tinggi dapat menambah tekanan ekstra pada sisi bagian dalam lutut sehingga mengakibatkan keausan. Dan bisa berakibat osteoarthritis.

 

Pinggul

Untuk menjaga dari kelebihan beban di sepatu berhak tinggi, Anda harus mendorong pinggul ke depan, melengkungkan punggung, serta membuat dada maju ke depan. Sikap seksi seperti itu memaksa otot-otot pinggul bagian luar, dan tendon bekerja keras.

 

Bagian belakang

Saat berjalan, tulang belakang Anda perlu bergoyang ini merupakan proses yang menekan lumbar otot erector spinae Anda. Hasilnya, sakit punggung bagian bawah.

 

Seperti bagian tubuh lainnya, bagian belakang tubuh Anda perlu istirahat. Jika hari ini memakai sepatu hak tinggi, keesokannya pakai sepatu flat.

 

Atau simpan sepatu hak tinggi Anda untuk acara khusus. Jangan di pakai setiap hari lebih dari beberapa jam.

 

Kaki

Biasanya kaki bergerak seperti pegas. Mengenakan sepatu bertumit tinggi akan menggeser jauh dari massa bola kaki serta tulang jari kaki yang kecil.

 

Semakin tinggi tumit, semakin besar dampaknya. Satu studi menemukan bahwa sepatu berhak runcing empat inci bisa memberikan tekanan di bagian kaki depan hingga 30 persen atau lebih.

 

Ada trasnsisi tumit ke toe yang memaksa Anda berjalan berirama. Mondar-mandir sepanjang waktu bisa melukai tulang dan kerusakan saraf. Belum lagi lecet serta kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

 

Pergelangan kaki dan betis

Memakai sepatu hak memaksa pergelangan kaki menekuk ke depan. Sebuah gerakan yang bisa membatasi sirkulasi di tungkai bawah. Jika Anda seorang pemakai high heels abadi, ini akan berakhir spider veins.

 

Berjalan dengan tumit membuat tegang tendon achilles Anda. Dan juga menyebabkan betis berkelompok. Jika Anda sudah sepanjang hari mengenakan sepatu hak tinggi, Anda mungkin akan mengalami kesulitan berjalan secara alami.

 

Sering waktu, sepatu hak runcing dapat membuat betis kencang kronis. Sehingga urat pergelangan kaki dan betis akan terasa sakit meski sudah memakai sepatu flat.

Komentar