Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:38

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Curug Ciismun Begitu Menggoda, Keindahannya Luar Biasa

Oleh: cr1 - Senin 14 Nopember 2016 | 17:30 WIB

Curug Ciismun Begitu Menggoda, Keindahannya Luar Biasa

Kawasan wisata Kebun Raya Cibodas-LIPI banyak menawarkan sejumlah lokasi yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya Curug Ciismun. Terlihat keindahan curug tersebut yang jarang ditemui. (Foto : BC/Net)

BERITACIANJUR.COM - Berbicara objek wisata alam di wilayah Cipanas, Kabupaten Cianjur, memang tidak akan ada habisnya. Panorama alam pegunungan nan indah dengan udara yang sejuk, seakan memanjakan bagi siapapun yang berkunjung.

 

Satu dari sekian banyak objek wisata yang terdapat di Cipanas yakni, Curug Ciismun yang berada di Kawasan Kebun Raya Cibodas (KRC). Curug dengan ketinggian sekitar 25 meter dan berada 1.275 meter diatas permukaan laut (dpl) ini, merupakan pertemuan antara Bukit Agropolitan dengan Bukit Cibodas.

 

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan Curug Ciismun, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Kebun Raya Cibodas.

 

Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi menuju KRC dari arah Bogor. Itupun dengan catatan jika perjalanannya lancar dan tidak macet.

 

Sedangkan bagi pengguna kendaraan umum dari kota Bogor atau Bandung dapat berhenti di belokan di atas yang kemudian dilanjutkan dengan kendaraan umum  dengan rute Cipanas-Rarahan hingga pemberhentian terakhir di Pasar Cibodas dekat Balai Taman Nasional Gede-Pangrango. 

 

Selanjutnya dari pemberhentian akhir angkot ini diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk utama Timur Kebun Raya Cibodas.  Dari pintu masuk Kebun Raya ini jarak ke lokasi Curug Ciismun sekitar 2 km yang dicapai dengan berjalan kaki melewati track (lintasan) berbatu selama kurang lebih 30 menit. 

 

Selain lewat pintu gerbang utama yang terletak di depan dengan cara langsung turun dari arah bukit Kebun Raya Cibodas, dapat juga melalui pintu belakang (pintu barat). 

 

Dimana untuk menuju pintu belakang ini, dengan melewati komplek Pasar Cipanas jika dari arah Bandung.  Tepat sebelum pasar ambil belokan ke kiri sekitar 3 kilometer hingga tiba di pintu belakang.

 

Kondisi jalan lewat arah ini cukup macet karena dekat pasar dengan banyak angkot yang ngetem, jalan yang sempit, menanjak dan banyak tikungan patah.

 

Perjalanan kearah curug ini dari pintu belakang dilanjutkan dengan cara jalan kaki melalui jalan setapak beralasakan batu kali menelusuri tepian sungai kecil yang menanjak. Jarak ke curug ini dari pintu belakang ini sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

 

Tersedia lintasan (track) berbatu yang sudah ditata hingga lokasi curug.  Juga toilet untuk membersihkan diri seusai menikamti kesegaran air terjun. (bis/bbs)

 

Komentar