Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Curug Ciismun Begitu Menggoda, Keindahannya Luar Biasa

Cr1

Senin, 14 November 2016 - 17:30 WIB

Kawasan wisata Kebun Raya Cibodas-LIPI banyak menawarkan sejumlah lokasi yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya Curug Ciismun. Terlihat keindahan curug tersebut yang jarang ditemui. (Foto : BC/Net)
Kawasan wisata Kebun Raya Cibodas-LIPI banyak menawarkan sejumlah lokasi yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya Curug Ciismun. Terlihat keindahan curug tersebut yang jarang ditemui. (Foto : BC/Net)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Berbicara objek wisata alam di wilayah Cipanas, Kabupaten Cianjur, memang tidak akan ada habisnya. Panorama alam pegunungan nan indah dengan udara yang sejuk, seakan memanjakan bagi siapapun yang berkunjung.

Satu dari sekian banyak objek wisata yang terdapat di Cipanas yakni, Curug Ciismun yang berada di Kawasan Kebun Raya Cibodas (KRC). Curug dengan ketinggian sekitar 25 meter dan berada 1.275 meter diatas permukaan laut (dpl) ini, merupakan pertemuan antara Bukit Agropolitan dengan Bukit Cibodas.

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan Curug Ciismun, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Kebun Raya Cibodas.

Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi menuju KRC dari arah Bogor. Itupun dengan catatan jika perjalanannya lancar dan tidak macet.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan umum dari kota Bogor atau Bandung dapat berhenti di belokan di atas yang kemudian dilanjutkan dengan kendaraan umum  dengan rute Cipanas-Rarahan hingga pemberhentian terakhir di Pasar Cibodas dekat Balai Taman Nasional Gede-Pangrango. 

Selanjutnya dari pemberhentian akhir angkot ini diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk utama Timur Kebun Raya Cibodas.  Dari pintu masuk Kebun Raya ini jarak ke lokasi Curug Ciismun sekitar 2 km yang dicapai dengan berjalan kaki melewati track (lintasan) berbatu selama kurang lebih 30 menit. 

Selain lewat pintu gerbang utama yang terletak di depan dengan cara langsung turun dari arah bukit Kebun Raya Cibodas, dapat juga melalui pintu belakang (pintu barat). 

Dimana untuk menuju pintu belakang ini, dengan melewati komplek Pasar Cipanas jika dari arah Bandung.  Tepat sebelum pasar ambil belokan ke kiri sekitar 3 kilometer hingga tiba di pintu belakang.

Kondisi jalan lewat arah ini cukup macet karena dekat pasar dengan banyak angkot yang ngetem, jalan yang sempit, menanjak dan banyak tikungan patah.

Perjalanan kearah curug ini dari pintu belakang dilanjutkan dengan cara jalan kaki melalui jalan setapak beralasakan batu kali menelusuri tepian sungai kecil yang menanjak. Jarak ke curug ini dari pintu belakang ini sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Tersedia lintasan (track) berbatu yang sudah ditata hingga lokasi curug.  Juga toilet untuk membersihkan diri seusai menikamti kesegaran air terjun. (bis/bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…