Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:45

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Misteri Takokak Tengah Diungkap Sejumlah Ahli

Oleh: K-1 - Selasa 15 Nopember 2016 | 08:34 WIB

Misteri Takokak Tengah Diungkap Sejumlah Ahli

Foto: BC/Istimewa

BERITACIANJUR.COM - Selama ini untuk menguak misteri yang terjadi di Takokak terungkap, melalui penelitian. Meski belum sampai dibukukan namun upaya ke arah sana tengah dilakukan sejumlah ahli.


Dalam seminar nasional bertajuk "Horor Takokak Sepenggal Sejarah Yang Terlupakan" digelar di Aula Mapolres Cianjur, pada Sabtu (12/11/2016). Dalam kesempatan itu, ada dua pembicara dalam acara tersebut, di antaranya ada sejarawan Anhar Gonggong dan jurnalis sejarah Hendi Jo.


Selain itu, hadir pula Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu, perwakilan Dandim 0608 Cianjur, serta ratusan masyarakat Cianjur, siswa, remaja, hingga orang tua.


Anhar Gonggong menerangkan, masih banyak yang harus digali dalam misteri Takokak, pada tahun 1948 tersebut. Sebab, dalam penelitiannya membutuhkan waktu cukup panjang.


"Dalam sejarah Takokak itu harus ada penelitian yang menunjukan siapa mereka yang dibunuh itu, apakah benar pejuang atau ada orang lain, tentunya penelitiannya itu membutuhkan waktu yang cukup panjang," ucap Anhar, saat ditemui awak media, Sabtu (12/11/2016).


Bahkan menurut Anhar, penelitian tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 tahun lebih. Dalam hal ini, tentunya peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menggali misteri Takokak tersebut. Sebab ini demi kepentingan semuanya.


"Penelitian sejarah itu bisa sampai 10 tahun, dan ini seharusnya pemerintah harus perhatian, ini kan untuk kepentingan mereka juga, kepentingan masyarakat," ujarnya.


Sementara, Hendi Jo menjelaskan, untuk mengumpulkan data-data misteri Takokak tersebut harus mencari narasumber yang sampai saat ini masih ada, karena data tersebut untuk kepentingan sebuah keterangan buku sejarah yang nantinya akan dicantumkan.


"Yang pertama harus konsisten adalah eksplorasi narasumber yang masih hidup, itu mengapa? Karena ada data yang masih hidup untuk mengambil keterangannnya untuk menjadikan ini sebagai sebuah keterangan buku sejarah," jelasnya.


Hendi pun tidak menampik, jika selama ini penggalian sejarah Takokak itu dilakukan secara bersama-sama. Hendi menegaskan, pemerintah harus membuat tim pencari fakta untuk menggali fakta-fakta baru dalam sejarah Takokak tersebut.


"Apa yang kita lakukan sendiri kan selama ini melakukan itu selalu swadaya, kalaupun misalkan pemerintah mau melakukan membikin tim pencari fakta, itu lebih bagus, tapi kalaupun pemerintah tidak membuat tim, kita akan tetap melakukan," tegasnya. (ree)

Komentar