Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Layani Dengan Sepenuh Hati, Buka Transparansi Anggaran

Apip Samlawi

Selasa, 15 November 2016 - 20:30 WIB

Koko Komarudin, Kepala Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber. (Foto : BC/Apip Samlawi)
Koko Komarudin, Kepala Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber. (Foto : BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Melayani dengan sepenuh hati, itulah semboyan yang kini selalu diupayakan dan dilaksanakan oleh Kepala Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur Koko Komarudin. Pengalamannya yang pernah menjadi perangkat desa memberikan ilmu yang sangat berharga ketika ia didapuk memangku amanat masyarakat menjadi Kepala Desa.

"Saya berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati, ikhlas dan penuh tanggungjawab. Saya sadar sebagai Kades harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat terlepas dari berbagai latar belakkangnya," kata Koko saat berbincang dengan Harian Berita Cianjur baru-baru ini.

Ia mengakui sempat ragu saat tiga tahun silam mencalonkan sebagai Kades. Karena selain dunianya sudah jauh dari pemerintahan sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), namun atas panggilan jiwa dan dorongan dari masyarakat mengukuhkan niatnya untuk berjuang melayani masyarakat.

"waktu itu memang sempat berfikir panjang, tapi setelah saya yakin dengan segala konsekwennsinya saya memutuskan ikut dalam perebutan kursi Kades. Alhamdulillah kepercayaan masyarakat cukup tinggi dan menghantarkan saya menjadi Kades," paparnya.

Selama tiga tahun menjadi Kades, banyak aral melintang yang harus dihadapi. Semua dirasakan sebagai dinamika yang tidak bisa dihindari. "Kalau persoalan sedikit banyak itu pasti ada, yang namanya melayani masyarakat, tergantung kitanya menyikapi seperti apa," tuturnya.

Dalam melayani masyarakat, ia senantiasa mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Termasuk dalam penggunaan anggaran dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Semuanya dilakukan secara transparan sesuai dengan keperuntukannya.

"Buat apa ditutup-tutupi semuanya jelas terang benderang. Itu uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan penggunaanya. Makanya saya buatkan kebijakan kalau penggunaan anggaran itu harus diketahui masyarakat. Dengan terpampang dibaliho saya tidak perlu menjelaskan satu persatu, masyarakat bisa lihat sendiri penggunaan anggaran yang ada," paparnya.

Dengan keterbukaan itulah pihaknya berharap masyarakat bisa mengontrol penggunaan anggarannya. "Pelaksanaan pembangunan itu harus diawasi, agar kualitasnya bisa terjaga. Kalau membangun harus sesuai dengan hitungan tekhnis, kalau ada pengawasan dari masyarakat itu lebih mantap," ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.