Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Sering Galau? Atasi dengan Cara Ini

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Rabu 16 Nopember 2016 | 19:00 WIB

Sering Galau? Atasi dengan Cara Ini

Ilustrasi (shutterstock)

BERITACIANJUR.COM - Berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu. Studi terbaru dari Amerika Serikat menunjukkan, dengan  berjalan kaki selama 12 menit mampu mengubah suasana hati buruk jadi lebih baik.

 

Dikutip dari laman Liputan6, Rabu (16/11/2016). Menurut psikolog dari Iowa State University, Amerika Serikat, Jeffrey Miller, PhD. Rupanya, dengan bergerak membuat seseorang berefleksi terhadap lingkungan sehingga suasana hati jadi positif.

 

Hasil ini diketahui setelah peneliti meminta partisipan untuk berjalan kaki di sekitar kampus, sebagian lainnya hanya melihat foto perjalanan kampus. Setelah merasakan pengalaman berjalan kaki atau melihat foto, partisipan diminta menuliskan dalam sebuah esai.

 

Walau diminta membuat esai, kelompok yang berjalan kaki merasa tetap semangat. Berbeda dengan mereka yang hanya melihat perjalanan lewat foto.

 

Manfaat berjalan kaki di alam terbuka pun terbukti dalam studi terlebih dahulu yang dilakukan peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat. Menurut studi ini, mereka yang baru saja mengalami kejadian kurang menyenangkan lalu diminta untuk berjalan kaki di alam terbuka, sesudahnya suasana hati jadi lebih baik.

 

"Berjalan kaki merupakan aktivitas dengan risiko rendah, murah, dan bisa dilakukan hampir semua orang. Apalagi jika dilakukan di alam terbuka, manfaatnya membuat suasana hati lebih baik begitu besar," kata penulis studi, Sara Warber.

 

Jadi, bila sedang merasa galau atau sedih, coba berjalan kaki selama 12 menit. Apalagi bila dilakukan di luar ruangan, hasilnya signifikan membuat suasana hati lebih baik.

Komentar