Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:58

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Penelitian: Orang yang Suka Begadang Cenderung Lebih Cerdas

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Kamis 17 Nopember 2016 | 23:48 WIB

Penelitian: Orang yang Suka Begadang Cenderung Lebih Cerdas

Ilustrasi. (Foto : Shutterstock/TijanaM)

BERITACIANJUR.COM - Di era modern seperti sekarang ini, kelihatannya setiap orang memiliki pekerjaan atau pun tugas-tugas lain yang tak ada habisnya. Bahkan beberapa orang menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar, ataupun untuk hal-hal lainnya yang menyebabkan dan mengharuskan mereka untuk mengurangi jam tidur malam

 

Selama ini sejumlah penelitian mengungkapkan dampak buruk dari begadang. Namun, penelitian terbaru menyatakan orang-orang yang tidurnya larut malam lebih cerdas.

 

Dilansir dari laman Liputan6, Kamis (17/11/2016). Menurut sebuah penelitian yang dilakukan psikolog evolusioner Satoshi Kanazawa dan Kaja Perina, pemimpin redaksi Psychology Today, mereka telah menemukan ritme sirkadian, atau jam biologis, bisa dipengaruhi status IQ seseorang. Dan orang-orang dengan IQ tinggi cenderung lebih nokturnal (aktif di malam hari).

 

Peneliti mengikuti kebiasaan tidur lebih dari 20.000 remaja dari 1994 sampai mereka berusia antara 18 dan 28 tahun. Para responden dibagi dalam kelompok-kelompok IQ: Sangat bodoh (IQ <75), bodoh (75 125) .

 

Hasilnya, orang yang sangat bodoh rata-rata tidur pukul 23.41, sedangkan orang-orang yang sangat cerdas tidur hampir satu jam kemudian di malam hari. Dan pada akhir pekan, semua orang tidur sekitar satu jam kemudian dibanding biasanya, tapi orang-orang yang sangat cerdas lebih dari satu jam setelah orang yang sangat bodoh.

 

Pada penelitian ini juga ditemukan, orang yang bekerja lebih lama umumnya tidur lebih awal dan bangun lebih awal pada hari kerja, begitu pula dengan siswa yang tidur lebih malam akan bangun lebih awal. 

Komentar