Selasa, 30 Mei 2017 - Pukul 16:14

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

entertainment

Peringati Hari Angklung, Ribuan Pelajar Akan Bawakan Lagu Cianjur Jago

Oleh: cr1 - Jumat 18 Nopember 2016 | 15:00 WIB

Peringati Hari Angklung, Ribuan Pelajar Akan Bawakan Lagu Cianjur Jago

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Ribuan pelajar sekolah seluruh tingkatan dasar hingga menengah atas di Kecamatan Cipanas, Pacet dan Sukaresmi, akan menghentak Kabupaten Cianjur dengan memainkan angklung secara bersamaan di Lapang Istana Cipanas pada akhir pekan ini.

 

Bermain angklung secara bersamaan tersebut, merupakan kegiatan puncak Festival Angklung yang diinisiasi pengurus Karang Taruna di tiga kecamatan memperingati Hari Angklung Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 November.

 

“Sebenarnya jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 6.000 orang, namun estimasi kita kemungkinan sekitar 3.000 orang,” ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Cipanas, Dik Dik Sadikin kepada “BC” Kamis (17/11/2016).

 

Dijelaskannya, alasan pihaknya bersama rekan-rekan pengurus Karang Taruna Kecamatan Pacet dan Sukaresmi menggelar Festival Angklung. Selain merupakan budaya dan kesenian asli Sunda, juga sudah ditetapkan oleh UNESCO pada 16 November Tahun 2011 lalu, jika angklung sebagai salah satu warisan dunia.

 

“Secara tekhnis sudah siap, hari Minggu nanti rute yang akan ditempuh dari lokasi Car Free Day menuju Lapang Istana Cipanas. Insyallah Pak Bupati akan hadir,” katanya.

 

Karena sebagai salah satu warisan dunia, menurutnya, sudah seharusnya generasi muda sekarang ikut bertanggungjawan untuk melestarikannya.

 

“Saat ini para peserta sudah mulai sibuk berlatih di sekolahnya masing-masing. Perizinan bahkan sudah kita miliki, tinggal tekhnis dan akomodasinya saja,” katanya.

 

Diungkapkannya, saat memainkan angklung secara bersamaan tersebut. Seluruh peserta akan membawakan beberapa lagu, seperti Cianjur Jago serta beberapa lagu daerah. (bis)

Komentar