Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Yuk, Nikmati Keindahan KRC Naik Mobil Wara Wiri

Cr1

Sabtu, 19 November 2016 - 14:30 WIB

-Untuk mempermudah pengunjung menjangkau lokasi, Kebun Raya Cibodas (KRC) menyiapkan mobil angkutan
-Untuk mempermudah pengunjung menjangkau lokasi, Kebun Raya Cibodas (KRC) menyiapkan mobil angkutan
A A A

BERITACIANJUR.COM - Mengisi waktu libur di akhir pekan, memang menjadi solusi paling baik setelah menjalankan rutinitas pekerjaan seharian. Segala beban di pikiran dan keletihan akan hilang seketika dengan liburan bersama keluarga dan kerabat dekat.

Jika di akhir pekan ini anda belum memiliki agenda akan liburan kemana, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu objek wisata alam yakni Kebun Raya Cibodas (KRC) yang terletak di wilayah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Objek wisata seluas lebih kurang 85 hektar ini, selain menawarkan udara yang sejuk dan suasana nan asri. Bisa menikmati beragam keindahan flora dan beberapa air terjun di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas tersebut.

Salah satu fasilitas yang bisa anda coba untuk menikmati keindahan suasana dan panorama Kebun Raya Cibodas, tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga. Yakni dengan menggunakan kendaraan Wara Wiri, cukup dengan membayar tiket Rp. 8.000 anda sudah bisa mengelilingi KRC.

Rutenya pun cukup menarik, berangkat dari pintu gerbang utama KRC, lalu anda akan dibawa mobil Wara Wiri melintasi Taman Sakura, Jalan Air, Air Terjun Cibogo, Koleksi Tanaman Obat, Guest House, Taman Lumut, Bunga Bangkai serta Taman Paku.

Sebanyak empat unit mobil Wara Wiri disediakan pihak KRC, masing-masing ada yang berkapasitas 9 hingga 30 tempat duduk. Bahkan disetiap kendaraan sudah disiapkan petugas pemandu untuk menjelaskan objek-objek yang dilintasi.

“Keberadaan mobil Wara Wiri ini sangat membantu pengunjung yang ingin berkeliiling Kebun Raya Cibodas,” ujar Staf Humas Kebun Raya Cibodas, Yetty Lestriani kepada “BC”, Jumat (18/11/2016).

Pengelolaan operasional mobil Wara Wiri sendiri berada di bawah Koperasi Gardenia KRC. Meskipun tidak merasakan keindahan objek wisata secara keseluruhan, namun pengunjung akan memiliki kesan berbeda ketika menaiki kendaraaan ini.

“Bagi para orangtua kendaraan ini menjadi pilihan utama, berbeda dengan anak-anak sekolah yang lebih semangat dan memilih berjalan,” katanya.

Hanya saja menurutnya, kendaraan Wara Wiri untuk saat ini baru bisa melayani dan mengangkut penumpang yang berangkat dari gerbang utama KRC. Sedangkan untuk mengangkut pengunjung yang ingin turun belum diperbolehkan.

“Bagi pengunjung yang naik sejak dari pintu masuk bisa turun di lokasi objek wisata manapun, asalkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengemudi dan pemandunya. Namun kalau ada pengunjung dari atas ingin naik dan turun ke bawah menggunakan mobil wara wiri tidak bisa,” katanya.

Apalagi rute jalan yang dilalui mobil Wara Wiri bisa dibilang menanjak dan menurun. Makanya, pengunjung tidak boleh menghilangkan tiket karena sudah termasuk jaminan keselamatan.

“Makanya tiket masuk KRC Rp. 9.500 per orang sudah termasuk didalamnya jaminan keselamatan,” tandasnya.

Khusus bagi rombongan anak-anak sekolah yang berkunjung dan ingin mencoba naik mobil Wara Wiri serta dipandu secara privasi oleh petugas akan dikenakan cas atau biaya tambahan sesuai peraturan pemerintah.

“Animo pengunjung menggunakan mobil Wara Wiri sampai dengan saat ini sangat bagus,” ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…