Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:36

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Yuk, Nikmati Keindahan KRC Naik Mobil Wara Wiri

Oleh: cr1 - Sabtu 19 Nopember 2016 | 14:30 WIB

Yuk, Nikmati Keindahan KRC Naik Mobil Wara Wiri

-Untuk mempermudah pengunjung menjangkau lokasi, Kebun Raya Cibodas (KRC) menyiapkan mobil angkutan

BERITACIANJUR.COM - Mengisi waktu libur di akhir pekan, memang menjadi solusi paling baik setelah menjalankan rutinitas pekerjaan seharian. Segala beban di pikiran dan keletihan akan hilang seketika dengan liburan bersama keluarga dan kerabat dekat.

 

Jika di akhir pekan ini anda belum memiliki agenda akan liburan kemana, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu objek wisata alam yakni Kebun Raya Cibodas (KRC) yang terletak di wilayah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

 

Objek wisata seluas lebih kurang 85 hektar ini, selain menawarkan udara yang sejuk dan suasana nan asri. Bisa menikmati beragam keindahan flora dan beberapa air terjun di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas tersebut.

 

Salah satu fasilitas yang bisa anda coba untuk menikmati keindahan suasana dan panorama Kebun Raya Cibodas, tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga. Yakni dengan menggunakan kendaraan Wara Wiri, cukup dengan membayar tiket Rp. 8.000 anda sudah bisa mengelilingi KRC.

 

Rutenya pun cukup menarik, berangkat dari pintu gerbang utama KRC, lalu anda akan dibawa mobil Wara Wiri melintasi Taman Sakura, Jalan Air, Air Terjun Cibogo, Koleksi Tanaman Obat, Guest House, Taman Lumut, Bunga Bangkai serta Taman Paku.

 

Sebanyak empat unit mobil Wara Wiri disediakan pihak KRC, masing-masing ada yang berkapasitas 9 hingga 30 tempat duduk. Bahkan disetiap kendaraan sudah disiapkan petugas pemandu untuk menjelaskan objek-objek yang dilintasi.

 

“Keberadaan mobil Wara Wiri ini sangat membantu pengunjung yang ingin berkeliiling Kebun Raya Cibodas,” ujar Staf Humas Kebun Raya Cibodas, Yetty Lestriani kepada “BC”, Jumat (18/11/2016).

 

Pengelolaan operasional mobil Wara Wiri sendiri berada di bawah Koperasi Gardenia KRC. Meskipun tidak merasakan keindahan objek wisata secara keseluruhan, namun pengunjung akan memiliki kesan berbeda ketika menaiki kendaraaan ini.

 

“Bagi para orangtua kendaraan ini menjadi pilihan utama, berbeda dengan anak-anak sekolah yang lebih semangat dan memilih berjalan,” katanya.

 

Hanya saja menurutnya, kendaraan Wara Wiri untuk saat ini baru bisa melayani dan mengangkut penumpang yang berangkat dari gerbang utama KRC. Sedangkan untuk mengangkut pengunjung yang ingin turun belum diperbolehkan.

 

“Bagi pengunjung yang naik sejak dari pintu masuk bisa turun di lokasi objek wisata manapun, asalkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengemudi dan pemandunya. Namun kalau ada pengunjung dari atas ingin naik dan turun ke bawah menggunakan mobil wara wiri tidak bisa,” katanya.

 

Apalagi rute jalan yang dilalui mobil Wara Wiri bisa dibilang menanjak dan menurun. Makanya, pengunjung tidak boleh menghilangkan tiket karena sudah termasuk jaminan keselamatan.

 

“Makanya tiket masuk KRC Rp. 9.500 per orang sudah termasuk didalamnya jaminan keselamatan,” tandasnya.

 

Khusus bagi rombongan anak-anak sekolah yang berkunjung dan ingin mencoba naik mobil Wara Wiri serta dipandu secara privasi oleh petugas akan dikenakan cas atau biaya tambahan sesuai peraturan pemerintah.

 

“Animo pengunjung menggunakan mobil Wara Wiri sampai dengan saat ini sangat bagus,” ungkapnya. (bis)

Komentar