Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:58

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Dampak Negatif Hujan Asam Terhadap Kesehatan

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Senin 21 Nopember 2016 | 14:30 WIB

Dampak Negatif Hujan Asam Terhadap Kesehatan

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Beberapa daerah di Indonesia terindikasi mengalami hujan asam. Meski sifatnya masih berupa dugaan, tidak ada salahnya mengetahui seluk-beluk hujan asam, terutama efeknya terhadap kesehatan.

 

Secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakan adalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya.

 

Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam.

 

Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini.

 

Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida, dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

 

Dikutip dari laman alodokter.com, Senin (21/11/2016). Penelitian menemukan bukti adanya hubungan antara peningkatan kadar senyawa ini dengan terjadinya penyakit dan kematian dini akibat gangguan jantung dan paru-paru. Asma dan bronkhitis juga diduga dipicu oleh kadar senyawa ini yang tinggi di udara.

 

Sedangkan polusi udara itu sendiri juga dapat berefek negatif bagi tubuh, antara lain:

- Iritasi tenggorokan, hidung, dan mata.

- Batuk.

- Sesak napas.

- Meningkatkan risiko serangan jantung.

- Sistem kekebalan tubuh, saraf, reproduksi, dan pernapasan akan mengalami kerusakan

- Kanker

- Meninggal.

 

Kalangan yang sensitif terhadap kondisi udara seperti ini adalah anak-anak, orang tua, mereka yang aktif di luar ruangan, dan memiliki gangguan paru-paru atau jantung.

Komentar