Senin, 29 Mei 2017 - Pukul 14:32

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

7 Hal Menakjubkan Jika Koneksi 5G Telah Tersedia

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Rabu 23 Nopember 2016 | 11:00 WIB

7 Hal Menakjubkan Jika Koneksi 5G Telah Tersedia

Ilustrasi Konten Mobile di Era 5G. Samsung Tomorrow

BERITACIANJUR.COM - 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

 

Berikut ini beberapa hal istimewa yang akan terjadi jika koneksi 5G telah tersedia.

 

1. Internet yang lebih cepat dan manusia akan lebih terkoneksi secara 'real-time'

Makin cepat internet makin banyak hal yang bisa dilakukan dengan itu. Para pengguna bisa melakukan live video dengan perbedaan waktu yang presisi, untuk berbagai hal seperti meeting, pitching ide ke pemilik dana, dan berkomunikasi dengan orang terdekat yang sedang berjauhan.

 

2. Dunia akan didominasi mobile

DIprediksi pada tahun 2020, 90 persen masyarakat global berumur di atas 6 tahun akan memiliki ponsel. Hal ini berarti jika para pengusaha bisnis tidak berkembang ke arah mobile, maka bisnisnya akan sedikit tertinggal. Terlebih lagi para millennials, atau mereka yang berumur di bawah 25 tahun. sangat aktif untuk mencoba hal baru.

 

3. Konektivitas internet akan lebih banyak nirkabel

5G akan membawa teknologi menjadi makin tidak berkabel. Hal ini memang sudah sedikit banyak terjadi sekarang, namun di era 5G nanti, cakupan bisnis akan makin luas dengan kemampuan 5G tanpa kabel dan juga bisa diakses di mana pun. Terlebih lagi 5G menawarkan internet yang jauh lebih cepat, dan Anda bisa mengembangkan bisnis di mana pun Anda mau.

 

4. 5G akan membawa konten digital ke dunia nyata

Di era 5G nanti, mobile tentu sudah menguasai berbagai cakupan teknologi. Hal ini akan membuat Augmented Reality dan Virtual Reality jadi lebih 'mainstream.' Hal ini akan mengubah berbagai perilaku digital manusia.

 

Jika dulu Anda memahami Augemented Reality adalah teknologi yang digunakan di Pokemon Go. Di Pokemon Go, nanti hal ini akan berbeda. Konsepnya adalah kita tinggal mengarahkan kamera kita ke sebuah lokasi tertentu, lalu akan muncul informasi tentang tempat tersebut.

 

5. Banyak bisnis yang bergerak secara mobile, sehingga lapangan pekerjaan makin luas

Ketika kecepatan internet jadi lebih cepat, akan ada beberapa perusahaan yang akan jadi perusahaan berbasis mobile. Salah satu yang sudah terlihat sekarang adalah bisnis travel online. Dengan kesuksesan berbagai startup perusahaan travel seperti HotelTonight yang sejak saat ini pun sudah bergerak secara mobile, semua hal tentu akan lebih efisien jika dikerjakan dengan mobile. Bayangkan, Anda bisa menjalankan sebuah perusahaan tanpa harus berkantor yang tentu menyita banyak uang.

 

6. Aplikasi baru yang tak terduga akan muncul

Dengan internet yang lebih cepat, tentu kita tidak tahu apa inovasi-inovasi para developer untuk mengembangkan aplikasi canggih terbaru. Jika menurut prediksi yang meramal bahwa di era 5G konten live video akan makin marak, tentu area virtual reality dan augmented reality akan dikembangkan dengan lebih canggih lagi.

 

Berbagai data akan bisa dikirimkan di live video, mulai dari rekam medis secara jarak jauh, mengirim beberapa konten secara bersamaan dan real-time, serta berbagai kemudahan lain.

 

7. Dunia akan lebih interaktif dengan banyaknya konten video

Saat ini, konten video di YouTube sudah sangat disukai. Diprediksi dengan makin kencangnya koneksi internet, tentu berbagai konten video akan makin laris manis jadi media apapun: mulai dari hiburan hingga bisnis.

 

Tanpa adanya permasalahan koneksi ketika 5G datang, bahkan konten 3D dan berbagai ekspansi konten interaktif lainnya akan lebih nyata terjadi ketika dunia sudah dicakup oleh jaringan 5G. (bbs)

Komentar