Kamis, 24 Agustus 2017 - Pukul 10:20

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Sektor Wisata Belum Sentuh Seni dan Budaya

Oleh: Asri Fatimah - Senin 31 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Sektor Wisata Belum Sentuh Seni dan Budaya

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR. – Sejumlah kalangan mempertanyakan niat baik pemerintah kabupaten (pemkab) Cianjur dalam pengembangan seni dan budaya. Terutama untuk kawasan pariwisata di Cianjur Utara (Cirut), nyaris tidak menunjukkan keseriusan.

 

Menurut Ketua Sanggar Sanghiang Cipanas, Venos, seni dan budaya harusnya menjadi daya tarik bagi turis. Sektor pariwisata perlu ditunjang dengan pertunjukkan budaya maupun pementasan kesenian tradisional. Serupa dengan apa yang dipromosikan oleh daerah wisata lainnya seperti Bali atau Yogyakarta.

 

Peran aktif pemkab dirasakan kurang maksimal terutama kaitannya dengan bantuan dana agar insan kreatif lokal bisa berkembang. Hal tersebut menunjukkan adanya ketidaksamaan pandangan dalam menata wisata dengan seni dan budaya antara pejabat dengan masyarakat.

 

"Dalam pengembangan seni budaya pemerintah sepertinya cuek, malah tak pernah memberikan bantuan untuk membuat seni dan budaya tersebut menjadi lebih baik lagi. Setiap kali masyarakat membuat proposal bantuan namun tak pernah dikabulkan," ujarnya. 

 

Venos menambahkan, kalau saja pemkab memiliki kepedulian, pentas seni budaya ini bisa menjadi daya tarik wisatawan. Mereka tidak hanya menikmati keindahan alam panorama Cirut namun disuguhkan ciri khas kebudayaan setempat.

 

“Paling tidak itu  dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Cianjur, bisa memberikan tempat untuk seniman tampil di hotel atau tempat wisata lainnya. Nantinya pengunjung wisata itu selain bisa menikmati alamnya juga bisa menikmati kesenian dan kebudayaan lokal,” ungkapnya. (rik)

Komentar