Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:39

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Taman Lumut dan Taman Sakura Sejuta Pesona

Oleh: Bisri Mustofa - Sabtu 26 Nopember 2016 | 10:00 WIB

Taman Lumut dan Taman Sakura Sejuta Pesona

Keberadaan Taman Lumut dan Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas-LIPI menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. (Foto : www.traveloista.com)

BERITACIANJUR.COM - Berbicara objek wisata yang ada di Kawasan Wisata Cibodas memang takkan ada habis-habisnya. Objek wisata yang ada di KWC di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur ini sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya yang ada didalam Kebun Raya Cibodas-LIPI. Banyak hal yang menarik didalamnya untuk diketahui dan dinikmati keindahannya.

 

Dari sekian banyak koleksi yang ada didalamnya, menarik untuk dikunjungi adalah Taman Lumut dan Taman Sakura. Kedua koleksi ini sengaja didesain sedemikian rupa agar menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Memang tidak mudah, apalagi jika tanaman-tanaman itu bukan asli Indonesia, butuh perawatan dan keahlian khusus dalam mengembangkannya.

 

Taman lumut


Taman ini dibangun pada tahun 2004 dan dibuka untuk umum secara resmi pada tanggal 11 April 2006, pada saat ulang tahun Kebun Raya Cibodas  yang ke 154. Taman seluas 1.500 m2 ini dirancang menyerupai habitat lumut di alam yaitu pada batang pohon, tanah, batu-batuan dan media tertentu. Naungan secara alami juga diberikan oleh rindangnya tanaman asli Indonesia yang tumbuh disekitarnya untuk memberikan kondisi lembab yang diinginkan. Sebagian besar koleksinya berasal dari sekitar Kebun Raya Cibodas, dan sampai saat ini koleksi yang ada di Taman Lumut ada sekitar 134 jenis.

 

Taman Sakura

Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sakura, adalah nama bunga yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak dari kita yang beranggapan bahwa bunga sakura adalah bunga yang identik dengan Negara Jepang dan hanya dapat kita temui di daerah tersebut. Tetapi ternyata Sakura juga dapat kita jumpai di Indonesia yaitu di Kebun Raya Cibodas - LIPI. Di kebun botani peninggalan Belanda ini, sakura ternyata bisa berbunga 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus, suatu hal yang sungguh menakjubkan. 

 

Bunga ini mekarnya bisa bertahan sekitar 4 hari dan masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar 1 minggu. ”kok bisa ya Sakura hidup di Indonesia?”, ”Kok bisa ya Sakura berbunga 2 kali dalam satu tahun di Indonesia?”. Menurut kurator Rosaceae, ternyata hal ini disebabkan karena Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli dari Sakura. Selain itu kontur tanah dan cara perawatan serta iklim itu juga yang mungkin menyebabkan terjadinya pembungaan Sakura bisa terjadi 2 kali dalam satu tahun.

 

Di Kebun Raya Cibodas memiliki 7 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata. Di Sakura Garden untuk sekarang ini baru terdapat 5 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp, sedangkan jenis yang dikoleksikan untuk saat ini ada tiga jenis yaitu Prunus arborea dari Java, Prunus costata dari Irian/ Papua dan Prunus cerasoides dari Himalaya. 

 

Prunus cerasoides adalah jenis Sakura tertua yang terdapat di Cibodas yaitu ditanam pertama kali tanggal 13 Mei 1971 dan sekarang berada di vak XX.B. 21 a,b, sedangkan untuk Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp berasal dari Hatta pada tahun 2002. Sakura Garden sendiri dibuat pada Maret 2007 – Desember 2007 dengan luas 6.647 m2 dan dibuat untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

 

Nah bagi siapa saja yang ingin melihat mekarnya sakura dapat langsung datang ke Cibodas dan tidak harus merogoh kocek yang banyak untuk pergi ke Jepang atau Korea hanya demi melihat Sakura mekar. Selamat berwisata. (bbs/bis)

Komentar