Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:54

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Demi Menyelematkan Bumi, Sejumlah Pecinta Lingkungan Tanam Pohon

Oleh: Bisri Mustofa - Senin 28 Nopember 2016 | 19:00 WIB

Demi Menyelematkan Bumi, Sejumlah Pecinta Lingkungan Tanam Pohon

NET/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon, sejumlah aktivis pecinta lingkungan bersama pengelola hotel dan peneliti serta pegawai Kebun Raya Cibodas (KRC) melaksanakan penghijauan melalui gerakan menanam pohon yang dilaksanakan Sabtu, 26 Novemvber 2016.

 

Aksi menam pohon tersebut secara simbolis dilakukan dengan tema “Lestari Alamku Lestari Negeriku”. Ada sejumlah titik yang menjadi sasaran penanaman pohon. Salah satunya dikawasan KRC.

 

Kepala Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) KRC Cianjur, Agus Suhatman mengungkapkan, ada sekitar 100 pohon. “Ada beberapa jenis pohon yang kita tanam, kita pilih yang tegakkan. Sisanya kita bagikan kepada masyarakat melalui komunitas-komunitas yang ada yang seama ini peduli terhadap lingkungan," kata Agus.

 

Dalam rangka menghijaukan lingkungan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 12 ribu pohon. Sedianya pohon-pohon tersebut akan disebar melalui kebun raya yang ada dibawah naungan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).

 

“Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat di hari menamam pohon dan dibulan menanam pohon ini dijadikan sebagai momentum untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap alam, lingkungan dan pohon. Bukan hanya menanamnya, namun juga terus memelihara agar pohon itu tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi kehidupan. Tidak ada pohon, tidak ada kehidupan,” tegasnya.

 

Kepala Seksi Jasa Informasi BKT KRC Solehudin mengungkapkan, ada empat jenis tanaman yang di tanam pada peringatan hari penanaman pohon nasional. Ke empat jenis tanaman tersebut adalah rasamala, kayu manis, jambu-jambuan dan cemara. Semuanya masuk dalam jenis tanaman keras untuk penghijauan.

 

"Tujuan dari penanaman pohon tersebut tidak lain adalah untuk menyelamatkan bumi dan menghijaukannya lagi," pungkas Solehudin.

 

Salah seorang aktivis Moch Endang menyambut baik adanya penanaman pohon yang diinisiasi KRC. Semua itu tidak lain agar kelestarian alam ini bisa benar-benar terjaga dengan masih banyaknya pepohonan.

 

"Acara seperti ini sangat bagus dan harus berkesinambungan. Tidak hanya menanam, tapii juga harus merawat agar kelestariannya terjaga. Saya mengajak masyarakat untuk membiasakan menanam pohon dan merawatnya agar lingkungan tetap terjaga," paparnya. (bis)

Komentar