Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Menantikan Kepastian Kawasan Wisata Sungai Citarum

Apip Samlawi

Kamis, 01 Desember 2016 - 17:00 WIB

NET/Ilustrasi
NET/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah warga menantikan kepastian realisasi kawasan wisata di daerah aliran sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Haurwangi. Lantaran pemandangan alamnya yang indahnya sehingga mempunyai kesan tersendiri bagi pengunjung.

Menurut salahseorang warga, Daniar (30) asal Ciranjang mengatakan, jika saat ini pernah turun ke bawah dari jembatan Citarum. Tujuannya untuk melihat pemandangan dari dekat akan kondisi DAS yang sudah dikenal luas.

Begitu sampai disana, ternyata panorama alamnya cukup indah dan menarik untuk diabadikan. Sehingga rencana untuk dijadikan kawasan wisata cukup dinantikan warga lantaran sebelumnya juga pernah diwacanakan tapi tak kunjung terealisasikan.

“Bagus juga kalau dijadikan kawasan wisata di sungai Citarum tersebut tapi jangan sampai hanya wacana saja. Soalnya dulu juga kabarnya sempat ramai tapi kenyataannya tidak ada bahkan katanya mau dibuatkan perahu wisata. Kali ini mohon jelas kepastiannya agar warga bisa menikmati keindahan disana,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, jika tidak ada aral melintang, daerah aliran sungai (DAS) Citarum kawasan Kampung Kajar-kajar, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi akan diplot sebagai lokasi wisata alam. Bahkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menyempatkan diri meninjau lokasi tersebut dalam kunjungan kerjanya.

Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survey mengenai kemungkinan dibukanya kawasan wisata alam. Disamping itupun akan dibangun dermaga, jumping, sepeda air, sky way dan wisata alam lainnya.

Tak menutup kemungkinan di lokasi tersebut juga areal pesawahan akan diolah secara tradisional, ditanami padi dengan mengunakan pukuk organik. Bahkan, pengolahan beras dengan cara ditumbuk menggunakan lesung hingga menanak nasinya.

Direncanakan nantinya Desa Kertasari dijadikan Desa Wisata, karena memiliki lokasi sempadan Sungai Citarum yang tempatnya  bagus dan lokasinya setrategis.

“Kita sangat mendukung bahwa lokasi tersebut dijadikan tempat wisata karena lokasinya sangat strategis  tidak jauh dari jalan raya Cianjur –Bandung, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata cepat terlaksana,” ujar Wabup  Herman Suherman di lokasi.

Sementara itu, Kades Kertasari Rudayat menambahkan, pembangunan tempat wisata alam telah lama direncanakan. Hal itu karena banyaknya minat investor yang tertarik menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata alam.

Dia menyebutkan, kawasan itu selain memiliki genangan air yang luas, tebing yang tinggi,  sempadan sungai dan hamparan sawah yang cukup indah dengan petakan  sistem terasering.

“Kalau dari pihak investor telah memiliki site plan dan perencanaan anggaran untuk membangun tempat wisata. Mereka akan kerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa setempat, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata tersebut cepat terwujud, supaya mampu menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), yang nantinya untuk kesejahtran warga desa itu sendiri,” ucapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…