Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Warga Menantikan Kepastian Kawasan Wisata Sungai Citarum

Apip Samlawi

Kamis, 01 Desember 2016 - 17:00 WIB

NET/Ilustrasi
NET/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah warga menantikan kepastian realisasi kawasan wisata di daerah aliran sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Haurwangi. Lantaran pemandangan alamnya yang indahnya sehingga mempunyai kesan tersendiri bagi pengunjung.

Menurut salahseorang warga, Daniar (30) asal Ciranjang mengatakan, jika saat ini pernah turun ke bawah dari jembatan Citarum. Tujuannya untuk melihat pemandangan dari dekat akan kondisi DAS yang sudah dikenal luas.

Begitu sampai disana, ternyata panorama alamnya cukup indah dan menarik untuk diabadikan. Sehingga rencana untuk dijadikan kawasan wisata cukup dinantikan warga lantaran sebelumnya juga pernah diwacanakan tapi tak kunjung terealisasikan.

“Bagus juga kalau dijadikan kawasan wisata di sungai Citarum tersebut tapi jangan sampai hanya wacana saja. Soalnya dulu juga kabarnya sempat ramai tapi kenyataannya tidak ada bahkan katanya mau dibuatkan perahu wisata. Kali ini mohon jelas kepastiannya agar warga bisa menikmati keindahan disana,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, jika tidak ada aral melintang, daerah aliran sungai (DAS) Citarum kawasan Kampung Kajar-kajar, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi akan diplot sebagai lokasi wisata alam. Bahkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menyempatkan diri meninjau lokasi tersebut dalam kunjungan kerjanya.

Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survey mengenai kemungkinan dibukanya kawasan wisata alam. Disamping itupun akan dibangun dermaga, jumping, sepeda air, sky way dan wisata alam lainnya.

Tak menutup kemungkinan di lokasi tersebut juga areal pesawahan akan diolah secara tradisional, ditanami padi dengan mengunakan pukuk organik. Bahkan, pengolahan beras dengan cara ditumbuk menggunakan lesung hingga menanak nasinya.

Direncanakan nantinya Desa Kertasari dijadikan Desa Wisata, karena memiliki lokasi sempadan Sungai Citarum yang tempatnya  bagus dan lokasinya setrategis.

“Kita sangat mendukung bahwa lokasi tersebut dijadikan tempat wisata karena lokasinya sangat strategis  tidak jauh dari jalan raya Cianjur –Bandung, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata cepat terlaksana,” ujar Wabup  Herman Suherman di lokasi.

Sementara itu, Kades Kertasari Rudayat menambahkan, pembangunan tempat wisata alam telah lama direncanakan. Hal itu karena banyaknya minat investor yang tertarik menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata alam.

Dia menyebutkan, kawasan itu selain memiliki genangan air yang luas, tebing yang tinggi,  sempadan sungai dan hamparan sawah yang cukup indah dengan petakan  sistem terasering.

“Kalau dari pihak investor telah memiliki site plan dan perencanaan anggaran untuk membangun tempat wisata. Mereka akan kerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa setempat, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata tersebut cepat terwujud, supaya mampu menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), yang nantinya untuk kesejahtran warga desa itu sendiri,” ucapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…