Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:31

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Warga Menantikan Kepastian Kawasan Wisata Sungai Citarum

Oleh: Apip Samlawi - Kamis 01 Desember 2016 | 17:00 WIB

Warga Menantikan Kepastian Kawasan Wisata Sungai Citarum

NET/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah warga menantikan kepastian realisasi kawasan wisata di daerah aliran sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Haurwangi. Lantaran pemandangan alamnya yang indahnya sehingga mempunyai kesan tersendiri bagi pengunjung.

 

Menurut salahseorang warga, Daniar (30) asal Ciranjang mengatakan, jika saat ini pernah turun ke bawah dari jembatan Citarum. Tujuannya untuk melihat pemandangan dari dekat akan kondisi DAS yang sudah dikenal luas.

 

Begitu sampai disana, ternyata panorama alamnya cukup indah dan menarik untuk diabadikan. Sehingga rencana untuk dijadikan kawasan wisata cukup dinantikan warga lantaran sebelumnya juga pernah diwacanakan tapi tak kunjung terealisasikan.

 

“Bagus juga kalau dijadikan kawasan wisata di sungai Citarum tersebut tapi jangan sampai hanya wacana saja. Soalnya dulu juga kabarnya sempat ramai tapi kenyataannya tidak ada bahkan katanya mau dibuatkan perahu wisata. Kali ini mohon jelas kepastiannya agar warga bisa menikmati keindahan disana,” bebernya.

 

Sebelumnya diberitakan, jika tidak ada aral melintang, daerah aliran sungai (DAS) Citarum kawasan Kampung Kajar-kajar, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi akan diplot sebagai lokasi wisata alam. Bahkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menyempatkan diri meninjau lokasi tersebut dalam kunjungan kerjanya.

 

Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survey mengenai kemungkinan dibukanya kawasan wisata alam. Disamping itupun akan dibangun dermaga, jumping, sepeda air, sky way dan wisata alam lainnya.

 

Tak menutup kemungkinan di lokasi tersebut juga areal pesawahan akan diolah secara tradisional, ditanami padi dengan mengunakan pukuk organik. Bahkan, pengolahan beras dengan cara ditumbuk menggunakan lesung hingga menanak nasinya.

 

Direncanakan nantinya Desa Kertasari dijadikan Desa Wisata, karena memiliki lokasi sempadan Sungai Citarum yang tempatnya  bagus dan lokasinya setrategis.

 

“Kita sangat mendukung bahwa lokasi tersebut dijadikan tempat wisata karena lokasinya sangat strategis  tidak jauh dari jalan raya Cianjur –Bandung, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata cepat terlaksana,” ujar Wabup  Herman Suherman di lokasi.

 

Sementara itu, Kades Kertasari Rudayat menambahkan, pembangunan tempat wisata alam telah lama direncanakan. Hal itu karena banyaknya minat investor yang tertarik menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata alam.

 

Dia menyebutkan, kawasan itu selain memiliki genangan air yang luas, tebing yang tinggi,  sempadan sungai dan hamparan sawah yang cukup indah dengan petakan  sistem terasering.

 

“Kalau dari pihak investor telah memiliki site plan dan perencanaan anggaran untuk membangun tempat wisata. Mereka akan kerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa setempat, semoga saja rencana pembangunan tempat wisata tersebut cepat terwujud, supaya mampu menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), yang nantinya untuk kesejahtran warga desa itu sendiri,” ucapnya. (bis)

Komentar