Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:47

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Ribuan Pengunjung Siap Serbu Pantai Jayanti

Oleh: cr7 - Jumat 02 Desember 2016 | 07:00 WIB

Ribuan Pengunjung Siap Serbu Pantai Jayanti

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Meski pemerintah belum secara resmi menata semenanjung pantai selatan, sebagai pendulang rupiah untuk menambah pundi uang dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun dipastikan ribuan pengunjung, akan memadati beberapa tempat di laut Cianjur Selatan, untuk menghabiskan akhir tahun 2016 ini.

 

Menurut salah seorang tokoh nelayan di Pantai Jayanti Cidaun, Cianjur Selatan, Mang Dadam (51) pergantian tahun di Jayanti selalu dipadati ribuan orang. Mereka datang dari berbagai daerah seperti, Garut, Ciwidey, Bandung dan dari Cianjur sendiri. Biasanya, para pengunjung datang H-2 sebelum puncak pergantian akhir tahun.

 

“Para pengunjung biasanya tidur dengan membangun tenda, atau menyewa sejumlah tempat hunian warga dan hotel yang ada di Jayanti. Tapi sebagian, pengunjung memilih untuk memasang tenda, karena lebih bisa berada di sekitar pesisir,” kata Dadam, kepada "BC", kemarin (1/12/2016).

 

Dadam mengungkapkan, sepekan menjelang akhir tahun biasanya pendapatan pedagang yang berada di sekitar Pantai Jayanti mengalami peningkatakan. Terutama, pedagang ikan laut yang jadi primadona pendatang untuk membakar ikan.

 

Dadam mengaku, pendapatan pada pesta akhir tahun bisa mencapai lima juta rupiah per hari jika tingkat kunjungan masih tetap sama seperti tahun lalu. Meskipun, fasilitas penunjang untuk masyarakat yang melaksanakan tahun baru dirasakan masih minim.

 

“Hingga saat ini belum ada perhatian pemerintah untuk mengadakan acara di akhir tahun, sehingga pengunjung bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kalau ada kegiatan seperti festifal budaya atau helaran lainya, masyarakat pedagang bisa lebih menguntungkan,” tambah Dadam.

 

Sementara itu, Kades Cidamar, Al Jemih mengakui, tingkat kunjungan ke Pantai Jayanti pada akhir tahun selalu mengalami peningkatakan yang signifikan. Namun bertambahnya pengunjung, belum signifikan meluber ke daerah lainnya.

 

“Karena memang masyarakat luar cianjur hanya familiar dengan Pantai Jayanti. Padahal, banyak pantai lainnya yang lebih indah dan bisa dijadikan destinasi wisata akhir tahun. Mungkin karena fasilitas di pantai lainnya belum mumpuni, jadi pengunjung memilih bertahan hanya di Jayanti,” jelas Jemih.

 

Jemih berharap, kedepan ada kepanjangan tangan dari pemerintah daerah, agar perayaan pesta tahun baru di Jayanti lebih bisa ditata. Apalagi, jika pemerintah daerah mau memanfaatkan momentum akhir tahun untuk mempromosikan wisata lain yang ada di Cianjur.

 

“Sebetulnya bisa digelar pesta rakyat atau sejenisnya, sehingga pengunjung bisa lebih banyak datang ke pantai selatan. apalagi momentum akhir tahun, selalu dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur dengan keluarganya,” tambahnya. (gap)

Komentar